Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 10 April 2021 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - GoPlay bukan hanya menjadi platform video-on-demand, namun kini juga memiliki fitur live streaming. Bahkan platform milik Gojek ini kan fokus ke GoPlay Live pada tahun 2021.

Berkolaborasi dengan para pembuat konten (content creator) tanah air dari berbagai bidang, GoPlay Live sepanjang tahun ini akan memanjakan pengguna dengan beragam hiburan live streaming menarik dan berkualitas, dari event online, konser musik, program live show, hingga dan konten berkualitas lainnya.

Para pengguna dapat menemukan beragam konten live streaming yang dapat dinikmati bersama teman dan keluarga tersebut dalam satu aplikasi secara gratis.

Sejak diluncurkan tahun lalu, GoPlay Live kini juga telah menjadi andalan pembuat konten untuk tetap produktif, berinovasi dan memperluas jangkauan audiens, serta bagi pelanggan untuk mendapatkan hiburan berkualitas yang aman di tengah pandemi COVID-19.

CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan, "Dalam perjalanannya, GoPlay terus hadir sebagai rumah bagi para content creator tanah air untuk dapat berkreasi dan memasarkan karya mereka secara lebih luas dalam lingkungan yang aman dan kondusif di tengah pandemi COVID-19. Dukungan tersebut sebelumnya kami hadirkan kepada para sineas perfilman tanah air melalui konten GoPlay Original, yang kini diperluas ke ranah live show dengan menghadirkan ragam konten GoPlay Live Original yang baru nan segar."

"Kini setiap orang dapat menjadi content creator dan membuat konten dengan lebih mudah dan cepat," tambah Edy.

Layanan live streaming diperkirakan akan terus tumbuh. Laporan terbaru dari App Annie menyatakan jumlah jam yang dihabiskan pada aplikasi mobile video streaming di Indonesia pada Kuartal IV 2020 mencapai 8,33 miliar jam, naik hampir dua kali lipat dari Kuartal IV 2019 yang hanya sebesar 4,94 miliar jam.

Konsumen juga dipercaya akan mengunduh (install) lebih dari satu hingga rata-rata 9,5 aplikasi streaming, seiring dengan minat mereka untuk terus mencari hiburan-hiburan baru di aplikasi selama berkegiatan di rumah.

Berbagai konten live show interaktif GoPlay Live telah berhasil menarik antusiasme pengguna sejak pertama kali diluncurkan. Misalnya, JKT48 Live Show, konten GoPlay Live Original dengan tiga program acara berbeda yang baru-baru ini diluncurkan berhasil mendapatkan jumlah penonton tertinggi di penayangan perdana hingga mencapai lebih dari 4.000 penonton.

GoPlay Live. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Melalui berbagai konten live show interaktif yang berkualitas jumlah live show GoPlay pun meningkat secara signifikan hingga sepuluh kali lipat sepanjang Kuartal I 2021. Pertumbuhan tersebut seiring dengan jumlah content creator yang meningkat sangat signifikan di tahun 2021, hingga 100% dibandingkan tahun lalu.

Berbagai konten reguler GoPlay Live pun terus semakin mendapat perhatian pengguna setiap harinya, seperti kelas budaya Jepang Hiro Sensei, live talkshow isu terkini CiaoBella, live quiz Tebak Lagu, dan live trivia Trivia Time.

Adapun pada tahun ini, salah satu program unggulan GoPlay Live adalah konten virtual idol, sebagai wajah hiburan masa depan dengan pemanfaatan teknologi yang menampilkan karakter avatar animasi dalam dua atau tiga dimensi sebagai sebuah tayangan unik dan menarik.

GoPlay Live akan berkolaborasi dengan dua virtual idol lokal populer Andi Adinata dan Alia Adelia dalam menghadirkan berbagai konten eksklusif GoPlay Live Original.

Kolaborasi ini akan menjadi program live show interaktif virtual idol pertama yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dengan tokoh virtual mereka melalui fitur-fitur interaktif andalan GoPlay Live. Virtual Idol lokal Andi Adinata mengungkapkan antusiasmenya atas kolaborasi bersama dengan GoPlay Live.

"Menghadirkan suatu tayangan virtual idol interaktif dengan penonton menjadi hal yang selalu saya nantikan. Senang sekali bisa memanfaatkan sebuah wadah baru yang semakin mendekatkan saya dengan lebih banyak teman baru. Bareng GoPlay Live, saya akan menghadirkan banyak keseruan baru untuk teman-teman di rumah. Kita bisa nyanyi bareng, diskusi, main game, saling curhat, sampai bahas hal-hal seru lainnya secara live, cuma di GoPlay."

Kedua virtual idol tersebut secara eksklusif akan hadir dalam program spesial #NontonGPL (GoPlay Live/Gak Pake Lama) yang akan ditayangkan oleh GoPlay Live di tanggal 12 April 2021. Selama 24 jam, pengguna dapat menikmati virtual idol dan berbagai konten live seru secara gratis tanpa biaya berlangganan.

Akan tayang pula sejumlah live show interaktif lain seperti nonton bareng film indie, live music akustik bersama, kelas memasak Ramadan, review makanan GoFood, talkshow seru, hingga sejumlah edisi spesial acara-acara live show reguler GoPlay selama ini.

Antusiasme penonton terhadap konten-konten di GoPlay Live pun cukup tinggi. Sejumlah fitur interaktif andalan GoPlay Live seperti Chat, Shout Out, Virtual gift, Polling, dan Live shopping turut mendorong content creator untuk terus berinovasi menghadirkan topik-topik baru yang lebih seru dan menghibur.

"Kami melihat potensi dukungan para pengguna yang begitu besar bagi keberlangsungan content creator. Pengguna memberikan dukungan dan apresiasi terhadap content creator dengan memanfaatkan fitur virtual gift selama live streaming. Kami juga melihat tren pendapatan para content creator terus meningkat seiring antusiasme pengguna yang semakin familiar dengan fitur virtual gift ini. Temuan ini sangat membesarkan hati kami karena dukungan para pengguna akan sangat membantu pertumbuhan dari industri live streaming di Indonesia," jelas Edy.

"Sejalan dengan misi Gojek untuk memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi sekitar, GoPlay berkomitmen untuk terus mendukung para content creator tanah air dengan saluran pendapatan berkelanjutan. Dukungan ini hadir melalui berbagai inovasi, baik teknologi maupun kolaborasi dengan berbagai pihak. Kami berharap wajah baru GoPlay yang diwarnai dengan beragam konten live show interaktif semakin dicintai pengguna dan menjadi rujukan utama platform hiburan yang dapat untuk dinikmati bersama dengan teman dan keluarga," tutup Edy.

BACA SELANJUTNYA

Layanan Hemat, Upaya Gojek Perluas Pasar sekaligus Dorong Peluang Pendapatan Mitra