Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 11 April 2021 | 16:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa hari lagi, umat Muslim dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Untuk mendukung aktivitas ibadah tersebut, umat Muslim bisa menggunakan bantuan aplikasi yang dirancang secara khusus berikut ini. 

Mulai dari jadwal sahur, buka puasa, hingga doa, berikut ini lima aplikasi terbaik untuk digunakan selama Ramadan seperti yang dilansir dari Grafdom, Minggu (11/4/2021):

1. Sun n Moon

Aplikasi ini memperhitungkan data Global Positioning System (GPS) dari smartphone dan secara akurat.

Menghitung waktu Matahari terbit dan terbenam, Bulan terbit dan terbenam, sehingga membantu kamu melihat waktu sahur ataupun berbuka puasa.

Kamu juga dapat memilih daftar kota dengan fitur tambahan seperti fase bulan dalam animasi.

Aplikasi ini juga termasuk kompas yang menunjukkan posisi Matahari dan Bulan. Aplikasi ini dapat diunduh di Apple Store.

Sun n Moon. [Apple]

2. Ramadan Daily Dua

Aplikasi ini telah dirancang dengan tujuan membantu kamu melafalkan doa yang khusus untuk setiap hari di bulan suci Ramadan.

Aplikasi ini juga menggabungkan doa untuk buka puasa dan sahur. Dapat diunduh secara gratis di Apple Store, aplikasi ini juga memiliki bahasa Arab serta terjemahan bahasa Inggris.

3. Muslim Pro

Aplikasi yang tersedia secara gratis baik di Google Play Store dan App Store ini memberi tahu kamu, waktu puasa dan solat berdasarkan waktu pada lokasi terkini ponsel.

07.13 11/04/20215Aplikasi ini memiliki pemberitahuan visual serta audio untuk azan dan menyediakan pembacaan audio Al-Qur'an dengan fonetik dan terjemahan.

Tak hanya itu, Muslim Pro juga akan memberikan informasi tentang restoran halal dan masjid yang ada di sekitarmu.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai kiblat yang berguna saat bepergian serta dilengkapi dengan kalender Hijriah lengkap dan tersedia dalam 14 bahasa.

4. Islamic Greeting Cards

Aplikasi yang dapat diunduh di perangkat Android ataupun iOS ini memungkinkanmu membagikan ayat Al-Qur'an atau Hadist menggunakan kartu dengan tema islami.

Islam Greeting Cards. [Google Play Store]

Kamu juga dapat membuat dan mengirim kartu dakwah yang mendidik dan berisi informasi mengenai islam.

Selain itu, lewat aplikasi ini juga bisa membuat kartu ucapan atau salam Ramadan dan Idulfitri.

Aplikasi ini menawarkan lebih dari 170 kartu yang dirancang secara profesional dan dapat dibagi ke platform mana pun.

5. Quran Reader

Aplikasi yang tersedia secara gratis di Android dan iOS ini memungkinkan pengguna untuk membaca, mendengarkan, dan mempelajari Al-Qur'an dengan mudah.

Menariknya, pengguna dapat memilih suara qari atau pembaca Al-Qur'an dan mengikuti setiap ayat demi ayat yang disoroti atau putar audio di latar belakang.

Quran Reader. [Apple]

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti bookmark dan notes untuk menandai bacaan ayat. Fitur lainnya yang tersedia mencakup mode gelap, mengulangi ayat untuk menghafal, terjemahan dalam bahasa Inggris, tafsir bahasa Arab, hingga pencarian teks.

Itulah tadi aplikasi untuk mendukung ibadah di bulan puasa selama bulan Ramadan, kamu sudah download yang mana? (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Selama Ramadan 2023, Transaksi Shopee Meningkat Belasan Kali Lipat Saat Sahur