Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 13 April 2021 | 21:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap masa memiliki mode hingga tren tersendiri yang menjadi ciri khas zaman tersebut. Sebuah foto jadul yang menampakkan deretan remaja dengan gaya sederhana ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan postingan mengenai foto lawas puluhan tahun lalu yang menampilkan deretan remaja dengan senyuman manis.

Sebagian remaja yang ada dalam foto nampak sangat antusias ketika direkam sehingga mereka menampakkan senyuman bahagia.

"Indonesia, gadis-gadis membaca majalah fashion di Ruteng, Flores NTT," tulis @potolawas pada caption-nya.

Akun fanspage tersebut membagikan arsip online yang tersimpan di University of Wisconsin-Milwaukee Libraries atau dikenal sebagai UWM Libraries.

Foto jadul gadis antusias membaca majalah kisaran ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Masih belum diketahui terkait tahun pasti foto jadul tersebut direkam, namun diprediksi itu ada pada kisaran 1950 hingga 1970-an. Salah satu arsip online yang tersimpan di UWM Libraries menampakkan gambaran mirip mengenai gadis yang tengah membaca majalah.

UWM Libraries mencantumkan keterangan "Indonesia, girls reading fashion magazines at Ruteng mission, 1955" yang berarti foto tersebut diambil pada tahun 1955. Itu adalah foto hasil karya seorang jurnalis Amerika Serikat bernama Harrison Forman.

Karya dan tulisan miliknya biasanya menceritakan saat ia berkeliling Asia termasuk Indonesia ketika melakukan reportase selama Perang Dunia 2 dan beberapa saat setelahnya.

Foto jadul gadis antusias membaca majalah kisaran ini menarik perhatian netizen. (UWM Libraries via Instagram/ potolawas)

Foto jadul tersebut memperlihatkan beberapa orang yang sangat antusias saat memperoleh bahan bacaan di tangannya.

Salah satu gadis menampilkan senyuman manis dengan lesung pipi sehingga membuat netizen auto salfok. Beberapa remaja nampak memiliki potongan rambut uang cukup klimis.

Penampilan itu mirip seperti foto lawas pemuda kisaran 1950-an. Saat itu UWM Libraries juga menyimpan foto anak muda bersarung di Ruteng yang tengah potong rambut.

Foto gadis remaja di NTT tahun 1950-an. (UWM Libraries)

Beberapa orang remaja nampak menonjol dengan gaya tampilan rambut klimisnya. Foto jadul mengenai gadis dengan gaya sederhana dan senyuman manis menawannya memancing beragam komentar dari netizen.

"Zaman dulu kalau udah bisa baca berarti pintar," pendapat @sab*th*a*jar.

Potret remaja yang sedang potong rambut tahun 1955 menarik perhatian netizen. (UWM Libraries)

"Orang NTT manis-manis ya," kata @nas*an*ya*bari.

"Cantik banget mbaknya yang itu masya Allah," komentar @ma*l*n*ra.

Itulah tadi foto jadul mengenai gadis dengan gaya sederhana yang tengah membaca majalah sehingga bikin netizen salfok, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Pesona Anak Mandra Jadi Sorotan, Netizen: Cantiknya Nggak Ada Obat