Rabu, 16 Juni 2021
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 23 April 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memberikan nilai sejarah yang bisa dipelajari oleh generasi selanjutnya. Penampilan anggun dan elegan dari penyanyi 1960-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan nama Medy Saragih membagikan sebuah foto jadul melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

Sebenarnya akun Facebook tersebut membagikan ulang sebuah arsip online yang diabadikan oleh Jac de Nijs. Foto jadul tersebut tersimpan situs arsip nasional online Belanda, Nationaal Archief berjudul "Aankomst Indonesische zanggroep 'De Lansoits' op Schiphol".

Deskripsi arsip online itu menyebutkan bahwa foto direkam pada Juni 1965. Foto tersebut menampakkan Jack Lesmana, Titiek Poespa, Bing Slamet, Nien Lesmana dan Moenif Bahasuan (dari kiri ke kanan).

Mereka tergabung dalam grup The Lensoist yang dibentuk oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Saat itu Soekarno ingin membesarkan musik Tanah Air sekaligus membendung pengaruh musik dari Barat.

Foto jadul penyanyi tahun 1960-an ini menarik perhatian netizen. (Jac De Nijs via Facebook/ Medy Saragih di forum Indonesia Tempoe Doeloe)B

 

Dikutip dari Wikipedia, Titiek Puspa juga terlibat dalam album bersama "Mari Bersukaria dengan Irama Lenso" pada tahun 1965. Banyak netizen yang yang salfok dengan penampilan Titiek Puspa.

Tak sedikit netizen yang memuji penampilannya saat itu sangat anggun dan cantik. Foto jadul yang diwarnai ulang oleh pengguna Facebook Wisnuc Xix semakin memancarkan pesona Titiek Puspa.

Lahir pada 1937, Titiek Puspa merupakan seorang musikus sekaligus penyanyi legendaris Indonesia. Titiek Puspa yang tergabung dalam grup musik Lenso diharapkan dapat menandingi musik rock n roll yang kala itu digandrungi anak muda Indonesia.

Foto jadul Titiek Puspa diwarnai netizen. (Facebook/ Wisnuc Xix)

 

Meski foto sudah puluhan tahun lalu, netizen menilai busana Titiek Puspa serta Nien Lesmana sangat anggun dan tak kalah dengan artis zaman sekarang. Foto jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Lagu mendayu-dayu kala itu digebrak oleh ngak ngik ngok-nya empat bersaudara," kata Iwan R*sp*ndi *r.

"Eyang Titiek Puspa cantik banget," puji M*h*di.

Foto jadul penyanyi tahun 1960-an ini menarik perhatian netizen. (Nationaal Archief/ Jac de Nijs)

 

"Keren mak nggak kelihatan jadul. Mbak Titiek dan Nien Lesmana anggun banget," balas R*do R*sdi*no.

"Kagum sama pakaian mereka. Beda dengan penyanyi zaman sekarang," komentar Febriansyah Elya.

Itulah tadi foto jadul artis dan penyanyi 1965 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Jadul Muda-mudi 1970-an, Netizen Kagumi Kecantikan Khasnya