Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 25 April 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap periode biasanya memiliki mode atau gaya busana yang tengah hype pada saat itu. Foto jadul mengenai seorang wanita muda di Batavia ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan postingan foto yang menampakkan seorang wanita muda dengan gaya cukup anggun.

Foto tersebut bersumber pada arsip online yang tersimpan di Leiden University Libraries. "Potret studio seorang wanita muda di Batavia, sekitar 1915," tulis keterangan pada unggahan.

Wajah menawan dan tatapan lembut wanita ini sukses membuat netizen terpesona. Batavia sendiri merupakan sebutan ibu kota Hindia Belanda, kurang lebih kini menjadi Jakarta, ibu kota Indonesia.

Masih belum diketahui terkait identitas seseorang di dalam foto, namun kemungkinan wanita ini termasuk dalam lingkungan keluarga elit.

Foto jadul wanita di Batavia ini menarik perhatian netizen. (Leiden University Libraries via Instagram/ potolawasofficial)

Pasalnya orang-orang yang mendapatkan kesempatan untuk dapat foto di studio kala itu tentu bukan orang sembarangan. Dalam situs Leiden University Libraries, tercatat bahwa foto jadul ini direkam oleh "Charls & van Es & Co".

Foto yang diunggah oleh kreator tersebut kebanyakan menampakkan beberapa bangsawan lengkap dengan pakaian kebesarannya.

Melalui situs perpustakaan online Leiden University, foto yang diunggah kreator "Charls & van Es & Co" sebagian besar memperlihatkan orang-orang keturunan Indo-Eropa, petinggi KNIL, dan bangsawan Belanda.

Foto jadul wanita di Batavia ini menarik perhatian netizen. (Leiden University Libraries via Instagram/ potolawasofficial)

Masih belum diketahui apakah seseorang di dalam foto merupakan warga pribumi atau keturunan dari Eropa, namun banyak netizen yang sepakat bahwa paras wanita tersebut sangat cantik.

Foto jadul kisaran 1900 hingga 1915 memperlihatkan mode yang cukup mirip. Orang yang berfoto mempunyai rambut panjang dan sebuah pita rambut besar diletakkan pada bagian belakang.

Beberapa bajunya nampak sederhana dengan motif renda pada bagian bahu serta dada. Foto jadul wanita di Batavia tahun 1915 ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul wanita Indo-Eropa di Batavia awal tahun 1900-an. (Leiden University Libraries)

"Sumpah, ini baru namanya cantik," puji @geger_88.

"Cantik natural tanpa skincare," balas @dzi.elhaqq.

"Buyutnya Chelsea Islan nih," canda @susiloprayoga17.

"Blesteran kayaknya ya, cantik (emoticon cinta)," pendapat @rufindadwi.

Itulah tadi foto jadul wanita muda cantik di Batavia yang membuat netizen terpesona, bagaimana pendapat kalian? (Postingan ada di link ini).

BACA SELANJUTNYA

Boy William Foto Bareng Gamer Cantik, Netizen: Spesialis Gimmick Pacaran