Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 30 April 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul atau potret lawas dapat menjadi nilai pembelajaran sejarah sekaligus momen untuk bernostalgia. Sebuah postingan mengenai foto jadul Jakarta tahun 1970-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Pri Hartanto membagikan potret lawas Jakarta 1970-an melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

Sebenarnya ia membagikan ulang foto dari Boy Lawson. Foto-foto lawas Boy Lawson tersimpan rapi dalam arsip online Tropen Museum.

Arsip online tersebut menerangkan bahwa Boy Lawson memotret pemandangan itu sekitar tahun 1971. "Boy Lawson (Fotograaf). Herkomst : Zuidoost-Azië: Insulair / Indonesie Thamrin Jakarta," tulis keterangan di Tropen Museum.

Tak macet, kita bisa melihat kondisi jalan yang cukup lengang dengan kendaraan khas periode 1970-an. Netizen juga cukup jeli dalam mengenang mobil jadul yang melintas termasuk VW kodok dan juga kendaraan mirip oplet Si Doel (Morris Minor). Namun sebagian netizen justru menyoroti pemandangan beberapa becak di tepi jalan.

Foto jadul Jakarta tahun 1970-an. (Boy Lawson via Facebook Pri Hartanto, forum Indonesia Tempoe Doeloe)

Kita bisa melihat setidaknya enam becak yang terekam di dalam foto jadul tersebut. Saat itu keberadaan becak masih belum dilarang sehingga cukup familiar untuk dijadikan sarana transportasi. Tak berdempet-dempetan, foto menyuratkan mobil masih memiliki jarak yang cukup satu sama lain.

Foto jadul ini membuat netizen generasi old mengenang saat mereka masih familiar menjumpai becak di Jakarta. Kondisi jalan juga nampak bersih dengan kondisi trotoar cukup lebar.

Foto lawas Jakarta tahun 1970-an tersimpan di arsip museum online. (Boy Lawson/ Tropen Museum)

Foto jadul Jakarta tahun 1970-an tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Saya masih ngalamin tuh sama emak naik becak dari Harmony ke Manggarai lewat bunderan HI. Ya Allah saya udah tua rupanya," kenang H*r*y He*ma*an.

"Gedung yang kiri itu hotel & bioskop ASOKA. Kini berubah menjadi Hotel Grand Hyatt. Di seberang jalan sepertinya sedang dibangun hotel president dulu sekarang hotel Pullman," tulis H*ry M*riy*ma.

Foto lawas Jakarta tahun 1970-an tersimpan di arsip museum online. (Boy Lawson/ Tropen Museum)

"Becak masih boleh beroperasi di Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman. Gubernur nya Ali Sadikin - Bang Ali," balas End*n* Se*iawan.

"Ternyata dari dulu emang udah mewah ya. Salut sama lebar jalan dan lebar trotoarnya" pendapat K*m*l C*ska.

Itulah tadi foto jadul Jakarta tahun 1970-an yang bikin netizen nostalgia, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Lihat Foto Jadul Siswi Belanda dan Indonesia, Netizen Malah Teringat Suzzanna