Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 05 Mei 2021 | 18:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyampaikan rencananya membuat media sosial sendiri. Hal ini dilakukannya setelah kena banned dari berbagai platform.

Donald Trump sendiri ingin kembali menyapa para penggemarnya melalui media sosial, namun platform-platform memblokir dirinya.

Karenanya membuat media sosial sendiri yang bisa diakses melalui https://www.donaldjtrump.com/desk. Jika diperhatikan, media sosial tandingan versi Trump ini pada dasarnya adalah blog Wordpress.

Kemudian, tampilan media sosial tersebut juga disusun mirip dengan Twitter. Di section 'desk' terlihat beberapa cuitan Trump yang bisa disukai (like) ataupun dibagikan (share) ke Facebook atau Twitter.

Di fitur share, status Trump memang bisa dibagikan ke media sosial lain seperti Twitter dan Instagram.

Namun untuk fitur like memang bisa diklik, namun hanya menampilkan perubahan warna dari biru ke merah, tidak menampilkan jumlah like seperti Facebook atau Twitter.

Sayangnya, media sosial Donald Trump malah tidak menampilkan opsi interaksi. Pengunjung situs tidak bisa meninggalkan komentar di sana, hanya sekadar membagikan status Trump ke media sosial lain.

Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Seperti blog biasa, media sosial Donald Trump juga memiliki fitur subscription atau berlangganan dari status terbarunya. Mereka bisa mengisi nama, email, dan nomor ponsel untuk mendapatkan kabar terbaru Trump.

Selain itu, media sosial buatan Trump juga menyediakan toko yang menjual aksesoris. Beberapa barang yang ditampilkan seperti baju, topi, mug, hingga bendera. Barang tersebut juga memiliki beberapa jargon yang sering dilontarkan Trump seperti "Save America" atau "Make America Great Again".

Fitur lainnya yang juga diberikan adalah fitur untuk donasi yang ditujukan sebagai cara kontribusi. Pengunjung situs bisa memilih opsi untuk melakukan donasi, mulai dari 50 dolar AS atau yang tertinggi 5.000 dolar AS. Namun mereka juga bisa memasukkan nominal angka sesuai keinginan.

Mengutip The Verge, Rabu (5/5/2021), platform tersebut tampaknya dibangun oleh Campaign Nucleus, sebuah perusahaan layanan digital yang didirikan oleh mantan manajer kampanye Donald Trump, Brad Parscale.

Meskipun platform tersebut baru diluncurkan pada Selasa kemarin, namun ada postingan yang dibuat sejak 24 Maret. Unggahan terbaru Trump menampilkan sebuah video yang mengiklankan situs tersebut. Ia menyebut platform buatannya adalah tempat untuk berbicara dengan bebas dan aman.

Itulah media sosial yang dibuat sendiri oleh Donald Trump karena kena blokir berbagai platform. Namun siapa sangka isinya seperti blog biasa. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Lihat Adegan FTV Tukang Makeup Keliling, Baru Sadar Kejanggalannya Setelah Viral