Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 06 Mei 2021 | 14:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar video yang menampilkan sejumlah pengendara sepeda motor memadati jalan di wilayah perbukitan. Rekaman ini diklaim dan dikaitkan dengan adanya larangan mudik lebaran pada 6 hingga 7 Mei 2021. Benarkah, simak cek fakta ini.

Nampak dalam video yang diedarkan dan viral media sosial tersebut, banyak pengendara motor sedang antre mengular di area perbukitan.

Terlihat pula beberapa warga menyaksikan antrean pengendara motor dari ketinggan.

Disematkan juga dalam video yang beredar narasi bertuliskan "jalan tikus macet".

Benarkah video itu merupakan antrean pengendara di jalan tikus akibat larangan mudik lebaran 2021?

Viral video jalan tikus macet disesaki pemotor mudik lebaran, ini faktanya.

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran HiTekno.com dari beritahits.id, video viral di media sosial yang menampilkan pengendara sepeda motor mengular di jalanan perbukitan tersebut tidak ada sangkutpautnya dengan larangan mudik lebaran 2021.

Video tersebut sebelumnya pernah diunggah oleh pemilik akun TikTok @arexarinkristyanto9. Tertera dalam unggahan, video tersebut dibagikan pada (15/3), jauh sebelum mudik lebaran 2021.

Menurut informasi yang beredar, video tersebut direkam ketika acara Trabas Ngetrail tahun 2020 lalu.

"Saking lamanya gak ada event. Bukan masalah macetnya tapi niat banget hadiri baksosnya. Alhamdulillah tembus Rp 140 juta lebih dana terkumpul," tulis narasi video asli.

Meski begitu, sejauh ini belum diketahui persis lokasi pengambilan video tersebut.

Sementara itu, ada pula seorang warganet dalam kolom komentar yang mengatakan bahwa video ungggahan @arexarinkristyanto9 dipakai oknum tak bertanggung jawab untuk dikaitkan dengan larangan mudik 2021.

"Orang yang tidak bertanggung jawab telah mengambil video ini lalu disebar di WA dengan text 'Jalan Tikus Macet' untuk menginformasikan orang mudik 2021 yang dilarang," tulis akun bernama Iwan.

Viral video jalan tikus macet disesaki pemotor mudik lebaran, ini faktanya (TikTok).

KESIMPULAN

Dari penemuan tersebut, diketahui bahwa video sebagaimana disangkutpautkan dengan mudik lebaran 2021 merupakan video lama.

Unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Itulah hasil cek fakta pada video viral di media sosial yang menampilkan kemacetan di jalan perbukitan yang dikaitkan mudik lebaran, dan ternyata salah dan tidak ada kaitannya dengan mudk lebaran. (BeritaHits.id/ Hernawan).

BACA SELANJUTNYA

Lihat Foto Jadul Siswi Belanda dan Indonesia, Netizen Malah Teringat Suzzanna