Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 14 Mei 2021 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Elon Musk, pengusaha eksentrik yang sering kali membuat kejutan. Bagaimana langkahnya berkali-kali membuat geger khalayak. Termasuk berbagai cuitan kontroversial terkait aset kripto seperti Bitcoin dan Dogecoin.

Bos dari Tesla dan SpaceX ini memang tengah menggemari aset kripto atau cryptocurrency. Yang beberapa kali disampaikannya melalui akun Twitter miliknya.

Pria berusia 49 tahun ini memang gemar melontarkan buah pikirannya ke media sosial. Terutama Twitter, media sosial tempatnya aktif dengan netizen lainnya.

Yang tentu saja, cuitan sosok sebesar Elon Musk mampu mempengaruhi lini masa Twitter. Hingga ramai ke berbagai bidang, tidak terkecuali aset kripto Bitcoin da Dogecoin.

Berikut ini lima cuitan kontroversi Elon Musk di Twitter yang dihimpun HiTekno.com.

1. Pembelian Bitcoin

Poster promosi Cybertruck. (Tesla)

Cuitan kontrovesi pertama dari Elon Musk adalah soal pengumuman Tesla yang memborong Bitcoin seharga 1,5 miliar doalr AS atau setara dengan Rp 21 Triliun.

Tujuan Tesla membeli Bitcoin sebesar itu dengan maksud untuk melakukan investasi. Yang dampaknya langsung mendongkrak harga aset kripto terpopuler ini.

Langkah Elon Musk dan Tesla ini berdampak meningkatkan harga Bitcoin dari sekitar Rp 615 juta menjadi Rp 630 juta. Terjadi lonjakan sekitar 16 persen setelah cuitan tersebut.

2. Mobil Listrik Tesla Bisa Dibeli dengan Bitcoin

Cuitan Kontroversi Elon Musk di Twitter, Soal Bitcoin hingga Dogecoin. (Twitter/ elonmusk)

Pada Maret 2021, Elon Musk mengizinkan calon konsumen Tesla untuk membeli produknya menggunakan Bitcoin. Dari yang sebelumnya hanya menerima uang konvensional.

"Kamu sekarang bisa membeli Tesla dengan Bitcoin," tulis Elon Musk yang langsung membuat heboh netizen di Twitter.

Yang lagi-lagi berkat cuita tersebut kembali mendongkrak harga Bitcoin menjadi lebih tinggi lagi. Selain juga karena diterimanya aset kripto ini sebagai pembayaran di Tesla.

3. Menyukai Dogecoin

Cuitan Kontroversi Elon Musk di Twitter, Soal Bitcoin hingga Dogecoin. (Twitter/ elonmusk)

Selain Bitcoin, Elon Musk juga menunjukkan kesukaannya pada Dogecoin, aset kripto lainnya yang sempat ramai. Namun pria ini punya cara unik dalam menyampaikannya.

Ia memberikan sebuah playlist di Spotify dengan teka-teki. Terungkap, dalam lagu dalam playlist tersebut menyebut kata DOGE sebagai kode untuk trading Dogecoin.

Ia juga sempat menyampaikan kalau "Doge menggonggong sampai Bulan". Hal ini langsung berdampak pada harga aset kripto tersebut yang melambung hingga 400 persen.

4. Polling Dogecoin

Cuitan Kontroversi Elon Musk di Twitter, Soal Bitcoin hingga Dogecoin. (Twitter/ elonmusk)

Pengusaha eksentrik ini juga sempat mencuitkan polling di Twitter, yang menanyakan apakah setuju kalau Tesla menerima Doge? Yang tentunya langsung mendapatkan tanggapan setuju.

Dan lagi-lagi cuitan kontroversi ini berdampak pada harga Dogecoin di pasar kembali naik. Para spekulan menduga pria ini sedang berupaya meningkatkan popularitas Doge sebelum digunakan Tesla.

5. Hentikan Program Beli Tesla dengan Bitcoin

Cuitan Kontroversi Elon Musk di Twitter, Soal Bitcoin hingga Dogecoin. (Twitter/ elonmusk)

Secara mengejutkan pada Rabu (13/5/2021) Elon Musk mengumumkan kalau mereka menghentikan program pembelian Tesla menggunakan Bitcoin. Yang tentunya langsung membuat heboh.

Dalam cuitannya, ia menjelaskan kalau aset kripto Bitcoin menyerap energi yang banyak, hingga berdampak pada penggunaan linkungan. Terlebih pada mining Bitcoin yang membutuhkan banyak listrik.

Dampaknya, cuitan Elon Musk ini membuat harga Bitcoin tiba-tiba anjlok. Tak hanya itu, sejumlah aset kripto lainnya termasuk Dogecoin ikutan turun usai postingan di Twitter tersebut.

Itulah lima cuitan kontroversi Elon Musk di Twitter terkait aset kripto Bitcoin dan Dogecoin. Bisa saja ia melambungkan harganya, namun bisa juga tiba-tiba anjlok dalam seketika.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Orang Terkaya di Dunia 2023: Posisi Elon Musk Digusur Juragan Louis Vuitton