Jum'at, 03 Februari 2023
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 19 Mei 2021 | 14:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru saja GoJek dan Tokopedia mengumumkan kabar merger dan membentuk perusahan GoTo, namun ada saja hal yang muncul. Salah satunya adalah driver GoTo yang dibuat pusing karena mencari sendiri barang yang akan diantar oleh seller.

Foto ini dibagikan oleh akun Twitter Buruh Onlen (@farhwildn). Hingga berita ini dibuat, foto tersebut telah di-retweet hingga seribu kali dan mendapatkan 2,5 ribu kali tanda jempol.

Terlihat, seorang driver ojol sedang mencari barang orderan dari GoSend. Sang seller yang menjual barang melalui Tokopedia sendiri tidak mau memberikannya langsung kepada pihak driver ojol.

Barang-barang orderan klien mereka yang akan diambil menggunakan jasa GoSend hanya diletakkan berjejeran di trotoar. Hal ini tentunya membuat pusing dan ngilu driver ojol yang hendak mengambil paket itu.

"1 efek dari GOTO. Dapet order GoSend barangnya suruh cari sendiri sama seller Tokopedia," cuit @farhwildn seperti dikutip oleh BeritaHits.Id, Rabu (19/5/2021).

Driver Ojol Ngilu Disuruh Cari Barang Sendiri Sama Seller. (Twitter/@farhwildn)

Bagaimana tidak, barang-barang itu berjumlah ratusan. Semakin pusing, semua bungkusnya sama-sama menggunakan kantong plastik.

Sontak, driver ojol harus teliti membaca satu-satu nama kliennya di bungkus barang yang berjumlah ratusan itu.

"Ane saranin barang di kotak-kotakin sesuai abjad galakan seller. Mau ambil gak mau cancel aja. Dasar nasib buruh onlen," tulis @farhwildn.

Driver Ojol Ngilu Disuruh Cari Barang Sendiri Sama Seller. (Twitter/@farhwildn)

Viralnya efek pusing baru GoTo ini langsung banjir komentar dari warganet. Sebagian besar warganet memberikan dukungan kepada nasib driver ojol dengan mengkritik pihak seller.

"Tapi bukannya gak ada hubungannya dengan Merger ya?," tanya warganet.

"Ini mah kaga ada hubungannya sama GoTo ini mah sellernya aja kaga beradab. Ada gak ada ya pasti ada makhluk ngadi-ngadi gini. Gak Anda puas kami tewas juga kali," tambah yang lain.

"Dari yang sebelumnya, yang kena kurir di luar GoSend. Sekarang, para driver GoSend yang kena langsung urusan sama seller blangsak," balas warganet lain menjelaskan.

"Ini sellernya yang blangsak. Harusnya dikelompokin per abjad, atau per wilayah tujuan biar enak, beberapa seller ada petugas khususnya ini," tulis warganet.

"Its just a beginning. Goto - 2021," celutuk warganet.

"Kok kayak mau beli sayuran ya? Suruh ambil sendiri terus cek nama sellernya, tulisannya juga belum tentu segede ban Nmax, harusnya ini kan dipilah dikelompokin per kecamatan atau daerah kek sesuai abjad kek nama sellernya, sellernya juga harus teliti kalo nulis hft," kritik warganet.

"Pemales juga sellernya, atau emang admin storynya belum paham sistem jual-beli marketplace mungkin. Atau emang SDM di tokonya masih kurang. Padahal kalau orderannya gak sampai ke pembeli dan gak diklik terima oleh pembeli ya duit dari jual barangnya ga bakalan cair ke toko. Kena komplain pembeli," tegur warganet.

Unggahan potret viral driver ojol yang tengah mencari pesanannya sendiri sama sellernya ini lantas viral di Twitter. (Suara.com/Ruth Meliana Dwi Indriani)

BACA SELANJUTNYA

Daftar Harga Langganan TV Kabel First Media, Lengkap Paket Internet