Jum'at, 19 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 19 Mei 2021 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Walaupun masih dalam masa pandemi, Google I/O 2021 tetap digelar pada Selasa, 18 Mei 2021. Menjadi event tahunan yang dinanti-nanti, ini 6 pengumuman penting dalam gelaran Google I/O 2021.

Berbeda dari tahun-tahun lalu sebelum pandemi, gelaran Google I/O 2021 kali ini digelar secara virtual. Seperti yang diketahui, Google I/O 2021 merupakan event tahunan Google yang menjadi waktu perilisan sejumlah software dan hardware anyar.

Event tahunan ini digelar sejak Selasa, 18 Mei 2021 hingga Jumat, 21 Mei 2021 mendatang. Dalam event ini, diadakan sejumlah keynote dari sejumlah eksekutif Google.

  • Android 12 Public Beta
  • Smart Canvas
  • Gabungan Wear OS dan Tizen
  • Pembaruan Google Camera
  • Google Project Starline
  • Kunci mobil digital

Menjadi event tahunan untuk para developer, dilansir dari Android Authority, berikut 6 pengumuman penting di Google I/O 2021.

Google I/O 2021. (Google)

1. Android 12 Public Beta

Pengumuman terkait Android 12 jelas saja dinantikan banyak orang dalam gelaran Google I/O 2021. Telah lama dinanti, akhirnya ada informasi yang datang mengenai sistem operasi anyar ini.

Sejumlah peningkatan datang di Android 12, salah satunya adalah mengenai visual yang mendapat peningkatan yang signifikan. Selain itu, pengguna juga mendapat perubahan warna dan tema di Android 12 ini.

2. Smart Canvas

Platform Smart Canvas yang ada di Google mendapat pembaruan dengan menjadi mudah digunakan. Platform ini akan memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi dokumen dan sheets secara bersamaan.

Tidak hanya itu, kini pengguna juga dapat menggunakan panggilan Google Meets ke Smart Canvas. Fitur ini sangat baik untuk kamu yang kerap melakukan rapat secara online.

3. Gabungan Wear OS dan Tizen

Google I/O 2021. (Google)

Dalam event Google I/O 2021 ini diumumkan gabungan antara Wear OS milik Google dan Tizen milik Samsung.

Gabungan keduanya lalu menghasilkan nama 'Wear' yang sangat memiliki efek untuk kehidupan baterai, aplikasi yang lebih smooth dan load times yang lebih cepat.

4. Pembaruan Google Camera

Google Camera yang menjadi andalan sebelumnya mendapat pembaruan secara kualitas. Terbaru dalam gelaran Google I/O 2021, fitur Google ini hadir dengan warna kulit yang lebih akurat.

Disebut oleh Google, peningkatan ini memberikan pengalaman kamera inklusif ke penggunanya. Selain itu, algoritma selfie juga diberikan untuk Google Camera yang versi terbaru ini.

5. Google Project Starline

Google I/O 2021. (Google)

Google I/O 2021 juga menjadi ajang perkenalan Google Project Starline yang memungkinkan pengguna untuk melihat model 3D yang memiliki ukuran manusia untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman.

6. Kunci mobil digital

Google menyebut jika kini perangkat Google Pixel atau Samsung Galaxy kini dapat berfungsi ganda sebagai kunci mobil dengan menggunakan fitur NFC. Nantinya, kamu dapat membuka mobil hanya melalui perangkat HP yang digunakan sehari-hari.

Baru sehari digelar, tidak bisa dipungkiri jika nantinya akan banyak perangkat dan fitur baru yang diperkenalkan dari event Google I/O 2021. Nantikan update berikutnya ya.

BACA SELANJUTNYA

Google Resmi Ganti Bard Menjadi Gemini, Ini Tujuannya