Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 20 Mei 2021 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Antusiasme masyarakat memenuhi kebutuhan, berbagi dan beribadah dari rumah selama Ramadan 2021 terlihat dari beberapa temuan menarik Tokopedia

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, “Data internal kami menyebutkan bahwa pengiriman Same-day atau Instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan. Jika diakumulasi, pengguna bahkan dapat menghemat waktu pengiriman hingga 24,000 tahun berkat layanan ini.”

Produk Paling Diminati Selama Ramadan di Tokopedia 

Tokopedia juga mencatat Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh serta Fashion sebagai tiga kategori paling populer selama bulan Ramadan. “Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir 4x lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” terang Ekhel.

Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)

Di sisi lain, transaksi parsel melonjak lebih dari 3x lipat selama kampanye ‘Parsel Ramadan’ Tokopedia berlangsung dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye. Dibutuhkan lebih dari dua tahun untuk seorang kasir menyelesaikan seluruh pesanan parsel yang dijual lewat Tokopedia.

Secara umum, lebih dari 100,000 produk berbeda terjual dalam 1 jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021.

UMKM Lokal Makanan Halal Ini Raih Peningkatan Transaksi Hampir 6x Lipat

Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam. Rendang Den Lapeh, salah satu pegiat usaha makanan halal, turut mencatat peningkatan transaksi hampir 6x lipat selama Ramadan 2021 jika dibandingkan Ramadan 2020 lalu.

Kemudahan ini adalah hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Pengguna Tokopedia Kumpulkan Rp13 Miliar untuk Berbagi

Selama Ramadan 2021, semangat masyarakat dalam berbagi dari rumah terus meningkat, terlihat dari jumlah Zakat, Donasi dan Wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp13 Miliar. 

Masyarakat juga bisa beribadah lewat fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat di Tokopedia Salam. “Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12x lipat, sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35x lipat,” jelas Ekhel.

Acara Ramadan Tokopedia Disaksikan Setengah Penonton TV Indonesia

Tokopedia WIB TV Show Spesial Ramadan Extra yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2021 dan diisi oleh penampilan artis nasional seperti Iwan Fals, NOAH, Afgan serta artis internasional seperti The Boyz dan brand ambassador Tokopedia, BTS, telah disaksikan oleh setengah dari penonton TV di seluruh Indonesia.

“Data internal kami juga menunjukan bahwa dibutuhkan lebih dari 600,000 pesawat untuk mengangkut jumlah pengunjung Tokopedia di bulan Ramadan 2021,” tutup Ekhel. 

BACA SELANJUTNYA

Samsung Hadirkan Promo Khusus Ramadan, Ada Diskon hingga 39 Persen di Toko Online