Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 27 Mei 2021 | 09:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak jarang banyak kejutan ditemukan netizen pada bungkus gorengan. Dari dokumen penting hingga fotokopi KTP berisi data pribadi berujung jadi kemasan pembungkus jajanan.

Seperti paling baru, viral di media sosial penampakan dari sebuah bungkus gorengan yang dibuat dari kertas fotokopi KTP. Yang tentunya isinya termuat data pribadi dari pemilik KTP.

Penapakan kertas fotokopi jadi bungkus gorengan ini dibagikan oleh akun Twitter @FOODFESS2, Rabu (25/5/2021).

Dalam foto yang viral di media sosial tersebut, terlihat seorang netizen membagikan pengalamannya ketika membeli gorengan.

Dia mengaku kaget ketika mengetahui kertas pembungkus gorengan tersebut merupakan fotokopi KTP.

"Nggak tau jaga-jaga aja. Fess tadi beli gorengan bungkusnya fotocopy KTP dong? Apa itu privasi?" tulisnya, dikutip HiTekno.com dari Suara.com.

Berdasarkan unggahan tersebut, terlihat kertas pembungkus gorengan itu terdapat identitas seseorang.

Kertas gorengan itu berasal dari kertas fotokopi KTP. Selain identitas si pemilik KTP, juga terlihat foto si pemilik tersebut.

Kertas fotokopi KTP jadi bungkus gorengan. (Twitter/FOODFESS2)

Dalam kertas pembungkus gorengan itu lengkap terlihat NIK, nama dan alamat pemilik KTP.

Rupanya hal tersebut bukan menjadi permasalahan yang ditemui pertama kali. Sebelumnya, netizen juga menemukan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dijadikan sebagai kertas bungkus nasi.

Unggahan ini disebarluaskan oleh pemilik akun Twitter @Faizaufi pada hari Minggu (9/5/2021).

Dalam unggahan tersebut terdapat puluhan bungkus nasi bungkus. Salah satu bungkusan nasi tersebut adalah kertas fotokopi kartu keluarga.

Melihat fenomena tersebut, netizen pun semakin heboh dan kesal. Pasalnya, baru-baru ini data pribadi milik warga Indonesia diketahui bocor. Data pribadi tersebut bahkan sempat ditawarkan dalam sebuah forum online.

Adanya unggahan fotokopi KTP dijadikan sebagai bungkus gorengan membuat netizen semakin waspada pada keamanan data pribadi.

Unggahan itu pun ramai dikomentari oleh netizen lainnya.

"Bener-bener dah, kemaren gue nemu kayak paket belajar gitu buat kertas gorengan emak gue. Kaget, bisa buat belajar," balas netizen.

"Gila emang ini orang Indonesia nggak ngerti privasi kali ya main dijual gitu aja dijadiin kertas gorengan lagi ya Allah," timpal netizen.

"Beli gorengan berhadiah data pribadi," komentar netizen.

"Indonesia dengan segala kemudahannya," ujar netizen lain.

Itulah penampakan fotokopi KTP berujung jadi bungkus gorengan yang viral di media sosial. Tak perlu hacking, sudah bisa bisa dapat pribadi hanya dengan beli gorengan. (Suara.com/ Nur Afitria Cika Handayani).

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen