Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 30 Mei 2021 | 09:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Telkomsel merilis internet 5G komersial pertama di Indonesia pada Kamis (27/5/2021). Pengguna bisa menikmati teknologi baru tersebut dengan membayar paket seharga Rp 26.000 saja. 

Internet 5G Telkomsel, yang memang baru tersedia secara terbatas pada tahap awal, sebenarnya dijual dengan harga paket Rp 260.000 untuk kuota internet sebesar 126 GB.

Tetapi Telkomsel memberikan tawaran istimewa seharga Rp26.000 hingga Juli mendatang. Itu pun hanya tersedia untuk beberapa pelanggan yang diundang. Telkomsel menjanjikan kecepatan internet hingga 700MBps di jaringan 5G.

Penting diingat, untuk menikmati internet 5G Telkomsel, pelanggan harus menggunakan ponsel 5G yang mendukung jaringan 5G di spektrum frekuensi 2,3GHz dan berada di lokasi-lokasi tersebut.

Layanan 5G. (Telkomsel)

Untuk saat ini, pengguna bisa menggunakan kartu uSIM atau kartu SIM 4G agar bisa terkoneksi ke 5G. Telkomsel pada awal pekan ini mengatakan bahwa untuk sementara para pelanggan tak perlu mengganti kartu untuk menikmati internet 5G.

Sebelumnya Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, mengatakan bahwa internet 5G yang resmi tersedia hari ini akan bisa dinikmati di 26 klaster di sembilan kota besar di Tanah Air.

"Untuk fase awal ini, kami menggelar 5G di 26 klaster di sembilan kota besar, terutama area keramaian dan pemukiman," kata Nugroho, Direktur Jaringan Telkomsel, Kamis (27/5/2021).

Saat ini internet 5G Telkomsel baru tersedia secara terbatas di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Tangeran Selatan. Internet 5G Telkomsel juga tersedia di Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Medan, Batam, Makassar dan Balikpapan.

Telkomsel mengatakan memilih area di atas berdasarkan potensi penggunaan dan kebutuhan masyarakat untuk layanan yang maju seperti jaringan 5G ini. Perlu diingat, jaringan 5G di Telkomsel ini masih tahap awal sehingga belum sepenuhnya ideal seperti yang diharapkan.  (Suara.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Huawei dan Telkomsel, Hadirkan Modem Orbit Star H2 dengan Paket Kuota FantaSix 150 GB