Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 07 Juni 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar foto jadul yang menampilkan seorang wanita sedang main tenis di sekitar tahun 1930-an. Bagaimana penampilannya dalam memainkan olahraga tersebut pun menjadi sorotan netizen hingga viral di media sosial.

Terlihat dalam foto jadul ini, si wanita tidak mengenakan pakaian ala pemain tenis di masa sekarang. Namun mengenakan baju-baju wanita Jawa di masa lalu.

Sebagian netizen langsung salfok dengan busana yang dipakai oleh wanita tersebut. Akun fanspage @perfectlifeid membagikan postingan mengenai seorang wanita yang tengah memegang raket tenis.

"Potret seorang wanita mengenakan kebaya bermain tenis di Yogyakarta sekitar tahun 1930," tulis keterangan di dalam postingan.

Akun @perfectlifeid sebenarnya membagikan ulang sebuah foto jadul yang tersimpan di arsip online Leiden University Libraries.

Foto jadul wanita yang tengah bermain tenis ini bikin netizen salfok. (Leiden University Libraries via Instagram/ perfectlifeid)

Setelah ditelusuri, Leiden University Libraries banyak menyimpan deretan foto jadul mengenai bangsawan Belanda atau keturunan Indo-Eropa yang berpose di lapangan tenis pada kisaran tahun 1930 hingga 1955.

Deretan foto merekam lapangan tenis yang berada di Yogyakarta, Manokwari, Salatiga, Bandung dan Batavia. "Javaanse vrouw aan het tennissen, vermoedelijk te Jogjakarta," tulis keterangan yang tercantum di Leiden University Libraries.

Situs perpustakaan online milik universitas asal Belanda itu menjelaskan bahwa seseorang di dalam foto itu merupakan wanita Jawa. Masih belum diketahui siapa identitasnya, namun kemungkinan wanita itu bukan orang sembarangan, setidaknya dari kalangan elit.

Tak menggunakan sport bra atau mungkin pakaian tenis yang ketat, namun wanita tersebut justru memakai jarit batik.

Foto jadul wanita yang tengah bermain tenis ini bikin netizen salfok. (Leiden University Libraries)

Beberapa netizen bahkan memprediksi bahwa wanita tersebut cukup kaya atau setidaknya "sultan" pada zamannya.

Atasan yang menggunakan pakaian bermotif batik lengkap dengan penutup kepala membuat wanita ini dianggap cukup keren oleh netizen.

Foto jadul wanita Jawa yang main tenis tahun 1930-an ini mendapatkan beragam komentar dari netizen hingga viral di media sosial.

"Tidak ada sport bra kawan-kawan," kata @hapisiad.

"Sultan di zamannya," balas @alanhrnd.

"Apa nggak kesandung ya pas main," komentar @erickgunthoro94.

"Keren banget pakai kebaya," puji @auliasss.

Itulah tadi foto jadul wanita 1930-an yang main tenis dengan memakai jarit batik. Beragam tanggapan netizen hingga membuat potret ini viral di media sosial.

BACA SELANJUTNYA

Nia Ramadhani Asyik Joget di Lagi-lagi Tenis, Netizen: Suhu Ni Bos!