Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 08 Juni 2021 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - TikTok bukan hanya sebagai tempat berbagi video pendek yang lucu-lucu, namun juga konten edukasi juga inspirasi. Tak sedikit yang berkreasi membagikan karyanya di platform tersebut.

Pelajaran seni di sekolah biasanya menjadi saat yang ditunggu-tunggu karena di sini para murid diperbolehkan berkreasi. Menariknya, ada sejumlah kreator yang membagikan 'pelajaran' dan inspirasi mengenai karya seni di TikTok, seperti yang terlihat di beberapa konten yang mengikuti kompetisi edukasi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar yang baru-baru ini diadakan oleh TikTok Indonesia bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kompetisi ini tidak disangka menghadirkan seniman muda berbakat yang saling berbagi konten inspiratif.

Jika pelajaran seni di sekolah dikemas dengan menyenangkan, beberapa kreator yang mengikuti kompetisi #SamaSamaBelajar ini justru menambahkan informasi dan tema menarik dalam setiap karyanya.

Beberapa seniman muda berbakat ini adalah Alicia Eva dan Erika Richardo yang merupakan salah dua dari tiga pemenang special awards yang dipilih langsung oleh Kemendikbudristek, serta Stella Halim pemenang kategori bronze kompetisi edukasi ini.

Kita simak yuk bagaimana para seniman muda ini berbagi inspirasi dan kreativitasnya di TikTok!

Melukis Budaya Nusantara Sambil Belajar Sejarahnya

Jika biasanya seseorang melukis di kanvas ukuran standar, beda dengan pemilik akun TikTok aliciaeva9 yang melukis di atas canvas sepanjang 30 meter. Lukisan spesial yang saat ini masih dalam proses pengerjaan ini akan menggambarkan budaya dan ciri khas dari 34 provinsi di Indonesia.

Sampai saat ini, Alicia sudah menggambarkan setidaknya 12 provinsi, termasuk Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, dan lainnya. Tidak hanya unjuk kebolehan dalam melukis, Alicia juga membagikan cerita sejarah dari setiap budaya yang dia lukis, tidak mengherankan jika banyak pengguna TikTok yang menantikan karya Alicia untuk tahu tentang provinsi lainnya.

Video-video inspiratif Alicia sampai saat ini telah disukai lebih dari 70 juta kali dan memiliki lebih dari 1.2 juta pengikut.

Berbagi Karya dan Inspirasi Melalui Konten Edukasi TikTok. (TikTok/ eva alicia)

Melukis di Ragam Media

Erika tidak hanya menunjukan bakatnya dalam melukis diatas kanvas. Seniman muda juga sering berbagi inspirasi dengan memanfaatkan daur ulang sampah untuk menjadi karya seni lukis, membuat cat dari bahan tak terdugan seperti bunga dan kopi, melukis di pakaian dan sepatu, hingga lantai keramik kamarnya. Menciptakan karya seni memang tidak memiliki batas.

Selain kerap mengeksplorasi ide gilanya sendiri, Erika juga sering menerima tantangan melukis dari pengguna TikTok lainnya. Erika yang masih duduk di bangku kuliah ini bahkan berhasil menciptakan bisnis dari hobi melukisnya ini dengan menjual canvas dan panduan lukis berdasarkan nomor bernama by Painters.

Berbagi Karya dan Inspirasi Melalui Konten Edukasi TikTok. (TikTok/ erika)

Menulis Indah Dengan Kaligrafi

Tren menulis kaligrafi belakangan menjadi tren dikalangan generasi muda. Ada yang belajar sendiri atau otodidak sampai mengikuti kelas khusus untuk belajar hal ini. Hal ini mungkin yang melatarbelakangi Stella Halim untuk berbagi konten kaligrafi atau menulis indah dengan mudah melalui video singkat.

Konten TikTok milik Stella ini juga bisa jadi referensi untuk bisa menulis kaligrafi yang indah. Tidak hanya membagikan hasil karyanya saja dalam lettering, Stella juga kerap membagikan tips menulis kaligrafi dan alat apa saja yang dapat digunakan bagi para pemula.

"Konten edukatif dalam kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar hadir dengan kreativitas dan authenticity masing-masing kreator. Kami sangat berterimakasih karena telah memberikan ragam konten edukatif di TikTok. Kami harap pemenang yang terpilih dapat terus memberikan semangat dan inspirasi baru kepada masyarakat untuk saling belajar dan berbagi konten positif dan menyenangkan lainnya di TikTok," kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.

Program #SamaSamaBelajar adalah program yang fokus untuk menghadirkan konten edukasi di platform digital di tahun 2020. Setelah mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat, program ini kembali dilanjutkan di tahun 2021 dan didukung oleh Kemendikbudristek untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok.

Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar ini mendapatkan antusias yang besar dari pengguna TikTok, hal ini terlihat dari angka views yang berhasil menghasilkan 1,5 Miliar views dalam 10 hari.

Pemenang kompetisi lebih lengkap dapat diakses di sini. Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari 62 Miliar.

BACA SELANJUTNYA

Sedah Marak di TikTok, Apa Itu Roleplay RP dan Dampak Buruknya