Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 18 Juni 2021 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartfren dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menggelar uji coba 5G di frekuensi tinggi. Petinggi Smartfren berharap bahwa uji coba tersebut dapat menjadi semacam game-changer untuk industri telekomunikasi Indonesia. Kecepatan 5G yang didapatkan pada uji coba tahap kedua dari Smarfren mencapai 1,8 Gbps.

Pada Kamis (18/06/2021), Smartfren memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

Merza Fachys, President Director Smartfren mengatakan, “Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar".

Petinggi Smartfren itu turut menjelaskan bahwa uji coba 5G tahap kedua mempunyai tantangan tersendiri. Uji coba dilakukan pada frekuensi tinggi di mana perangkat seluler belum pernah menggunakannya.

"Khususnya ini semacam uji coba satu spektrum di mana selama ini belum pernah digunakan untuk layanan seluler. Teman-teman menyebutnya milimeter-Wave (mmWave) di 26 Ghz atau 28 GHz. Ini merupakan frekuensi yang sangat tinggi sekali karena hari ini seluler bekerja paling tinggi adalah di 2.3 GHz. Sekarang yang kita coba sepuluh kali lipat lebih tinggi yaitu di 26 GHz," kata President Director Smartfren Merza Fachys menambahkan.

Uji coba Smartfren 5G. (YouTube/ Smartfren)

Dalam acara yang diselenggarakan di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, uji coba 5G berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G.

Dalam pengujian 5G tahap kedua, skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR.

Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Uji coba Smartfren 5G. (YouTube/ Smartfren)

Sebelumnya di medio 2019, Smartfren telah sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat. Pengujian tersebut memperlihatkan kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai.

Adapun pengujian diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone.

Kecepatan 5G yang didapatkan oleh Smartfren pada uji coba kali ini nantinya diharapkan dapat mendukung seluruh ekosistem teknologi yang dimiliki oleh perusahaan.

BACA SELANJUTNYA

Smartfren Rilis Produk Baru Jelang Ramadan 2023: Bonus Kuota Setahun, Kuota L hingga 58 GB