Senin, 06 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 21 Juni 2021 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Perjuangan untuk memasuki universitas impian tidaklah mudah. Seperti kisah netizen satu ini, yang tetap berjuang meski telah gagal SBMPTN sampai 18 kali.

Namun akhirnya, ia berhasil masuk salah satu perguruan tinggi ternama seperti dalam postingan yang viral di media sosial.

Pengumuman SBMPTN 2021 sendiri dapat dilihat di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hal itu juga dilakukan oleh seorang netizen yang tak diketahui identitasnya melalui akun base Twitter @sbmptnfess pada 15 Juni.

Netizen tersebut bercerita bahwa ia tak menyerah berulang kali gagal SBMPTN sebanyak 18 kali. Hingga akhirnya, pada percobaan ke-19 tahun ini, ia berhasil lolos.

Dalam unggahannya, netizen membagikan gambar tangkapan layar berisi daftar universitas apa saja yang telah menolaknya.

Sejak 2020, netizen ini telah mencoba berbagai ujian masuk dari beragam universitas negeri, mulai dari UGM, Undip, hingga UI.

Meski tahun lalu ia berhasil diterima di universitas swasta, tetapi ia mengaku salah jurusan, sehingga ia pun memberanikan diri mencoba mengambil kembali SBMPTN 2021.

Curhatan warganet yang pantang menyerah dengan SBMPTN. [Twitter]

Usahanya pun tak mengkhianati hasil. Dalam unggahan tersebut, ia mengaku diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

"Penolakan SBMPTN. Setelah ditolak PTN 18x dan akhirnyaaa," tulis netizen tersebut.

Curhatannya yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 140 kali dan disukai sebanyak lebih dari 3.597 kali oleh sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar.

Tak sedikit pengguna lain yang curhat hal serupa dan beberapa menjadikan hal itu sebagai penyemangat agar tidak menyerah begitu saja.

"Aku masih di sini, tapi rasanya sudah mau nyerah. Tapi setelah liat perjuangan kamu, kayaknya aku harus segera bangkit. Selamat ya!" tulis akun @danpk_.

"Cara punya mental kayak kamu gimana sih... gue ditolak 2 kali aja udah capek," tambah @PATR0NUMB.

"Keren banget kalian yang banyak kegagalan tapi tetep nyoba lagi," komentar @fthrhhh.

"Aku ditolak 5 kali bahkan sama universitas swasta dan pas pengumuman SBM kemaren bener-bener nggak berharap banyak, eh malah lolos," ungkap @pahamngab.

"Setelah melihat ini, ternyata perjuangan aku belum apa-apa," cuit @bluejayspark.

Itulah kisah viral di media sosial, netizen yang pantang menyerah padahal sudah 18 kali gagal SBMPTN. Hingga akhirnya diterima universitas negeri pada ujian ke-19. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen