Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 22 Juni 2021 | 15:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak netizen yang mengeluhkan bahwa layanan Google sedang eror atau Google Down pada hari ini (22/06/2021). Menanggapi banyaknya keluhan yang datang, vendor smartphone memberikan beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut.

Pantauan dari Down Detector, keluhan yang disampaikan mengenai layanan Google bermasalah memuncak pada 13.23 WIB. Secara global, sebanyak 65 persen pengguna mengeluhkan masalah log-in.

Sementara 35 persen lainnya mengaku bermasalah ketika melakukan aktivitas searching atau pencarian.

Layanan Google yang mengalami masalah juga membuat ratusan ribu netizen mencuitkan curhatan mereka di Twitter. Melalui situs Trends24.in, kata kunci Google memuncaki trending topik dunia pada pukul 14.00 WIB.

Lebih dari 750 ribu cuitan menghantarkan Google menempati trending topik global maupun Indonesia. Banyak netizen mengaku bahwa aplikasi yang berkaitan dengan Google mengalami force-closed atau menutup secara tiba-tiba di smartphone.

Layanan Google mengalami masalah pada 22 Juni 2021. (Down Detector)

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse turut menanggapi mengenai adanya isu layanan Google yang bermasalah. Petinggi Xiaomi tersebut mengatakan bahwa pengguna smartphone disarankan agar tidak melakukan update pada Google App.

"Sepertinya ada bug Google yang baru saja muncul hari ini. Tim sedang menyelidikinya. Sementara itu jika Anda melihat pembaruan untuk aplikasi Google di Play Store, harap tunda update tersebut," tulis Alvin Tse pada akun resmi Twitter-nya (@atytse).

Alvin Tse mencoba memberikan saran terkait layanan Google yang bermasalah. (Twitter/ atytse)

Ia juga meminta agar pengguna segera uninstall update aplikasi dari Google. "Untuk sementara ini, Anda dapat menghentikan eror dengan segera uninstall pembaruan dari Google. Mohon RT agar lebih banyak orang tidak menginstal pembaruan aplikasi Google terbaru," kata Alvin Tse menambahkan.

Akun resmi Samsung Indonesia juga memberikan saran untuk mengatasi masalah mengenai layanan Google yang dilaporkan telah eror. Senada dengan Alvin Tse, Samsung Indonesia turut menyarankan agar pengguna menghapus pembaruan atau update dari Google.

Alvin Tse mencoba memberikan saran terkait layanan Google yang bermasalah. (Twitter/ atytse)

"Halo, hal tersebut disebabkan oleh adanya pemeliharaan sistem dari pihak Google. Apabila berkenan, silahkan ke menu Pengaturan> Aplikasi> Google> Titik tiga di kanan atas> Hapus pembaharuan (uninstall updates) untuk mengatasi kendalamu ya," tulis keterangan dari akun resmi Twitter Samsung Indonesia.

Hingga artikel ini ditulis, kata kunci Google, Google Down, Google Eror masih bergema di Twitter. Tak hanya di Indonesia, pengguna Twitter luar negeri juga turut melaporkan masalah yang sama terkait aplikasi yang tiba-tiba tak bisa digunakan atau menutup sendiri.

BACA SELANJUTNYA

Galaxy AI Segera Hadir di Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5