Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 22 Juni 2021 | 19:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Layanan komersial 5G Indosat Ooredo baru saja diresmikan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (22/6/2021).

Internet 5G Indosat itu diklaim memiliki kecepatan download hingga 540 Mbps dengan latensi 10 ms.

"Pada saat pengujian, speed tertinggi mencapai 540 mbps dengan latensi 10ms. Somehow kita akan improve lagi," kata Agus Sulistio selaku SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo di sela-sela acara peluncuran internet 5G Indosat di Solo.

Agus mengatakan dengan kecepatan itu, internet 5G Indosat - yang digelar di frekuensi 1,8GHz dengan memanfaatkan pita selebar 20MHz -

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo. (Indosat Ooredoo)

Agus menilai kecepatan 540 Mbps tersebut sudah lebih dari cukup. Sebab, kecepatan itu sudah bisa digunakan untuk perangkat Internet of Things (IoT) yang akan diaplikasikan di Indosat Ooredoo.

"Kecepatan saat ini sudah sangat cukup. Ini bisa menjadi game changer di industri," tambahnya.

Agus juga mengungkapkan saat ini Indonesia masih dalam tahap awal untuk menyajikan jaringan 5G. Saat melakukan tes, ia mengaku kesulitan karena banyak smartphone yang belum mendukung internet 5G.

Dalam pengujian, Indosat menggunakan dua perangkat smartphone yang terdiri dari Xiaomi Mi 11 dan Huawei Mate 40 Pro. Meski kesulitan mencari perangkat yang support, ia mengaku tidak menemukan halangan yang berarti.

"Tentunya kita sangat menunggu produsen mengeluarkan handset 5G lainnya. saya rasa dalam waktu dekat akan ada penjualan masif HP 5G," jelasnya.

Sebagai tahap awal, internet 5G Indosat Ooredoo akan tersedia di lima kota mulai dari Solo, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar. Namun Agus menegaskan Indosat Ooredoo akan menyediakan 5G secara bertahap ke kota lain hingga akhir 2021. (Suara.com/Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini