Sabtu, 04 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 02 Juli 2021 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Bos Instagram, Adam Mosseri resmi mengumumkan bakal membuat perubahan besar pada platform ini. Yang nantinya tidak mau lagi disebut sebagai aplikasi berbagi foto.

Perubahan besar yang akan dilakukan Instagram ini adalah membuat video tampilan penuh seperti yang muncul di TikTok.

"Kami bukan lagi aplikasi berbagi foto. Aplikasi berbagi video kini berkembang pesat, dan Instagram akan menyesuaikan pada tren itu," kata Adam Mosseri dalam video yang diunggah di Twitter, dikutip dari CNet, Jumat (2/7/2021).

Dikatakan bahwa Instagram sudah mulai menguji rekomendasi video di dalam feed baru. Kemudian, konten Instagram akan menyajikan lebih banyak rekomendasi yang berbasis topik.

Selain itu, tampilan yang sebelumnya hanya berpacu pada foto akan dialihkan ke dalam format video. Nantinya, Instagram akan menampilkan video dengan layar penuh, imersif, menghibur, dan mengutamakan tampilan seluler.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ Kate Torline)

Adam Mosseri menekankan bahwa video mendorong pertumbuhan yang sangat besar untuk semua media sosial yang ada sekarang. Itu artinya, Instagram akan membawa lebih banyak perubahan pada Reels, IGTV, dan konten video yang diunggah di Feed.

Pengujian tampilan baru ini kemungkinan memerlukan waktu enam hingga delapan bulan ke depan. Mosseri memastikan perusahaan bakal terus memberitahu pengguna sepanjang prosesnya.

Lebih lanjut, Instagram juga mengupayakan lebih banyak perubahan bagi kreator konten untuk membantu mereka mendapatkan monetisasi lebih baik. Adam Mosseri menyatakan perusahaan juga mengembangkan fitur-fitur yang terkait belanja online.

"Pandemi membuat perubahan dalam aktivitas belanja, dari yang awalnya offline menjadi online selama beberapa tahun. Kami mencoba untuk bersandar pada tren itu," ujarnya, dikutip dari NDTV.

Itulah rencana perubahan yang akan dilakukan aplikasi Instagram dengan fitur-fitur video. Apakah akan menjadi mirip dengan TikTok? (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Inara Rusli Berperilaku Begini Saat Live TikTok, Netizen Malah Nyinyir