Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 18 Juli 2021 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ikuti cara menghasilkan uang dari YouTube berikut ini, bagi kamu yang ingin menjadi konten kreator di platfrom video milik Google ini.

Cara menghasilkan uang dari YouTube bisa kamu coba dengan melakukan beberapa tahap mudah berikut ini, kamu bisa mendapatkan uang mulai dari jutaan bahkan sampai puluhan juta setiap bulan.

YouTube adalah salah satu platform dari google yang menghadirkan berbagai konten video, mulai dari video tutorial, film, musik, serta video-video hiburan yang bisa kamu manfaatkan sebagai menambah pendapatan.

Banyak sekali orang yang sudah menghasilkan jutaan rupiah dari video yang mereka buat sehingga mendapatkan uang setiap bulannya.

Apakah kamu penasaran ingin mendapatkan uang juga dari YouTube ? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu siapkan dan ikuti agar segera menguangkan channel YouTube.

1. Penuhi Syarat Untuk Monetisasi YouTube

Sebelum monetisasi channel YouTube kamu, kamu harus memenuhi syarat untuk bisa monetisasi akun YouTube kamu! Berikut syarat yang perlu dipenuhi

  • Memiliki lebih dari 1.000 subscribers
  • Mendapatkan lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.
  • Mengikuti segala aturan dan kebijakan dari monetisasi YouTube. Banyak kebijakan yang harus kamu patuhi, mulai dari pembatasan konten yang tidak boleh berisi kekerasan, pornografi, sampai memastikan kalau konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta.
  • Terhubung dengan akun Google AdSense
  • Aktifkan Monetisasi Google Adsense

Berikut cara untuk mengaktifkan Google AdSense kamu sebelum videomu dapat memunculkan iklan yang akhirnya dapat memberikan tambahan uang buatmu.

  • Klik iklan akun YouTube di pojok kanan atas
  • Masuk ke pilihan “Creator Studio”
  • Di bagian kiri layar, pilih “channel”
  • Klik “status & features”
  • Klik enable di pilihan “Monetization”
  • Cara Monetisasi YouTube
  • Iklan atau AdSense

Cara ini mengharuskan kamu mengandalkan iklan sebagai sumber pemasukan YouTube kamu. Kamu bisa mengatur iklan apa saja yang akan tayang di kontenmu serta placement iklan di video yang kamu miliki. Baik itu di awal video, ataupun di tengah-tengah video.

Cara ini memiliki persyaratan, yakni pemilik akun harus sudah berumur 18 tahun atau memiliki wali yang memiliki umur 18 tahun atau lebih, karena ini akan berkaitan dengan uang yang akan diterima oleh pemilik akun.

Ilustrasi YouTube. (Pixabay/ Gerd Altmann)

2. Membership Channel

Selain dengan cara diatas kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube dengan membuat membership channel berbayar.

Kamu akan mendapatkan bayaran dari akun orang yang terdaftar sebagai member channel kamu. Sistemnya, member kamu akan memberikan bayaran setiap bulan untuk menikmati konten-konten di channel kamu.

Syaratnya, kamu harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 30 ribu subscriber. Cukup login ke akun YouTube kamu dan buka halaman “membership”

3. Merchandise

Kamu bisa juga memanfaatkan penjualan merchandise di channel kamu namun untuk menggunakannya kamu juga perlu mengetahui persyaratannya.

Fitur ini memungkinkan para penonton video kamu bisa melihat merchandise yang kamu tawarkan di halaman video. Syaratnya, kamu harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Caranya, cukup login ke YouTube Studio Beta kamu, pilih menu Monetisasi dan klik pilihan Merchandise sehingga kamu bisa mendapatkan uang dari YouTube.

4. Super Chat

Fitur yang bisa menghasilkan apabila kamu melakukan live streaming. Penonton bisa mengirimkan pesan pada saat live streaming.

Jika kamu menggunakan ini maka kamu harus sering-sering live di channel kamu agar semakin banyak orang yang ikut serta dalam siaran langsung.

Nah itu tadi beberapa cara untuk mendapatkan uang dari YouTube dengan sangat mudah, pastikan kamu selalu aktif dalam membuat video sehingga subscriber akan terus bertambah.

Selamat mencoba cara menghasilkan uang dari YouTube di atas. Semoga berhasil.

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Daftar YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi 2023