Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 21 Juli 2021 | 07:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak tersedia aplikasi belajar online dari yang berbayar hingga gratis. Namun mana saja yang paling tepat untuk digunakan saat ini? Cek berikut ini aplikasi belajar online gratis untuk PAUD hingga SMA dan SMK.

Pandemi Covid-19 sangat berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Di Indonesia, sudah lebih dari 1 tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah.

Mempertimbangkan efektivitas, keamanan dan kenyamanan, metode pembelajaran online secara penuh menjadi pilihan di tengah situasi pembatasan sosial. Sekarang ini, pembelajaran melalui e-learning dipilih hampir di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, belajar online tidak sepenuhnya efektif untuk semua siswa. Tak heran jika ada beberapa siswa yang kurang paham dengan materi yang diberikan.

Agar membantu memperdalam materi, ada beberapa aplikasi belajar online yang bisa dimanfaatkan. Bahkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, bekerjasama berbagai platform untuk menyediakan aplikasi belajar online.

Aplikasi belajar online ini juga bisa kamu gunakan di smartphone dan desktop PC/laptop. Aplikasi belajar online ini juga bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Berikut 8 aplikasi belajar online yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Rumah Belajar

Aplikasi belajar online ini merupakan aplikasi ruang belajar yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Tentu saja hadirnya aplikasi belajar online ini ditujukan sebagai dukungan alternatif belajar selama di rumah.

Seperti yang dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Selasa (20/7/2021), rumah belajar ini memiliki beberapa tool seperti laboratorium maya, tentu kehadiran laboratorium ini sebagai pengganti laboratorium online sebagai pengganti laboratorium di sekolah.

Adapun beberapa fitur lainnya, seperti kelas digital, buku sekolah elektronik, sumber belajar, bank soal hingga karya bahasa dan sastra. Kelebihan aplikasi rumah belajar ini dapat diakses secara gratis, baik diakses untuk siswa ataupun untuk guru. Jadi, bisa bebas belajar di sini tanpa harus membayar uang tambahan.

2. Kipin School 4.0

Buku Pelajaran Sekolah untuk Semua Anak di Indonesia. (Kipin School)

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah Kipin School. Materi pembelajaran diperuntukan untuk siswa jenjang SD sampai SMA dan SMK. Aplikasi belajar online ini tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja.

Tetapi juga memberikan sistem ujian dan latihan soal sebagai tempat untuk berlatih. Jumlah materi pembelajaran yang bisa didownload ada ratusan buku yang diterbitkan oleh kemendikbud.  Kelebihan kipin school ini adalah, disertai latihan soal untuk mengukur kompetensi proses pembelajaran.

3. Meja Kita

Aplikasi belajar online ini bisa juga untuk forum diskusi. Cocok untuk kamu yang memiliki jiwa berorganisasi dan suka melakukan diskusi. Disamping itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan atau melakukan tanya jawab.

Segmentasi yang bisa memanfaatkan aplikasi ini ada beberapa jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA dan SMK yang tentu saja aplikasi dapat diakses secara gratis.

4. Media Belajar Online (MBO)

Aplikasi belajar online ini dapat dikatakan tidak sekedar sebagai media pembelajaran. Tetapi aplikasi ini juga menyediakan video pembelajaran, cocok buat kamu yang lebih senang belajar secara audio visual.

5. Icando

Aplikasi belajar online ini juga salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh Kemendikbud. Aplikasi belajar online Icando menggunakan program kurikulum 2013 yang sudah direvisi dan dikembangkan secara komprehensif.

Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini menyediakan minigames, dimana minigames ini membantu mengoptimalkan semangat belajar. Aplikasi belajar online Icando ini diperuntukan untuk anak-anak sekolah jenjang PAUD, itu sebabnya banyak games yang sesuai dengan perkembangan anak-anak.

6. Brainly Indonesia

Aplikasi Belajar Matematika Gratis di Android - Brainly. (Google Play Store)

Brainly Indonesia adalah aplikasi yang cukup banyak diundur, ada sekitar 10 juta lebih. Aplikasi belajar online ini salah satu aplikasi yang dapat diakses secara gratis di smartphone maupun PC.

Ada banyak pilihan mata pelajaran, setidaknya sekitar 25 kategori mata pelajaran yang diperuntukan untuk jenjang SD hingga SMA dan SMK. Aplikasi belajar online ini bisa dibilang komunikatif. Jadi buat kamu yang ingin menanyakan, juga bisa menanyakan di aplikasi ini. Buat pengguna aplikasi brainly indonesia yang menjawab pertanyaan, akan mendapatkan poin.

7. Kelas Pintar

Aplikasi belajar online kelas pintar ini merupakan aplikasi yang dapat dijadikan teman belajar secara daring. Jadi semua siswa dan guru dapat mengakses materi pembelajaran di aplikasi ini. Kelebihan yang ditawarkan kelas pintar adalah memberikan ruang.

Jadi selain didapat diakses dan diperuntukan untuk siswa dan guru, ternyata ada personalisasi dashboard untuk orangtua.

Aplikasi belajar online ini mengacu pada materi kurikulum 2013 jadi kamu tidak perlu khawatir terkait muatan kurikulumnya. Dari segi penyajian pembelajarannya, kelas pintar ini disampaikan dan dikemas secara interaktif. Selain Indonesia, ternyata aplikasi ini pun juga hadir di beberapa negara juga, seperti di Singapura, Afrika Selatan dan UAE.

8. seTARA Daring

seTARA daring adalah sebuah aplikasi Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk pembelajaran jarak jauh, dengan tagline-nya 'Belajar Kapan Saja, Dimana Saja'. Sebagai Learning Management System (LMS), seTARA Daring menyediakan kelengkapan pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, sampai ke penilaian secara lengkap.

Aplikasi belajar online terbaik ini dirancang oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Dengan aplikasi belajar online seTARA Daring, kegiatan kelas digital bagi para siswa dan guru dapat berjalan lebih mudah dan serba guna. Salah satu keunggulan aplikasi seTARA Daring yaitu telah terhubung dan terintegrasi dengan Sumber Belajar, sehingga guru dapat mengelola pembelajaran online dengan aman dan cepat. 

Itulah delapan aplikasi belajar online gratis untuk PAUD hingga SMA dan SMK yang menarik untuk digunakan.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

Kapan Seseorang Harus Ganti HP? Ini Patokannya