Rabu, 04 Agustus 2021
Agung Pratnyawan : Rabu, 21 Juli 2021 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Aplikasi ujian online mulai bermunculan dalam rangka mendukung belajar online. Namun apa saja yang menarik untuk disimak?

Selama pandemi COVID-19 kegiatan pelajaran mengajar banyak dilakukan di rumah. Hal ini mendorong sekolah dan siswanya untuk melek teknologi karena kegiatan belajar dilakukan secara daring.

Kebiasaan menggunakan teknologi dalam dunia pendidikan, sebetulnya bukanlah hal asing. Ini terbukti dalam beberapa tahun terakhir, ujian sekolah pun telah dilakukan secara online dengan menggunakan komputerisasi.

Pelaksanaan ujian online memang membutuhkan banyak persiapan, salah satunya sistem yang dibuat oleh sekolah harus memadai sesuai dengan prosedur dari ujian online itu sendiri. Ujian online sendiri bisa diartikan sebagai pelaksanaan ujian yang dilakukan dalam jaringan sehingga tidak lagi menggunakan kertas.

Proses online ini bisa memudahkan dalam pengerjaan dan pengoreksian jawaban, pengaturan soal dan jawaban juga bisa langsung dilakukan baik dengan bantuan aplikasi maupun melalui website.

Saat siswa sudah selesai mengerjakan ujian, skor dan kesalahan bisa langsung terdeteksi di laman akhir jawabannya. Namun tidak sedikit sekolah/pengajar yang masih kesulitan melaksanakan ujian online.

Aplikasi ujian online sekarang ini sudah banyak tersedia dan bahkan dapat digunakan secara gratis.

Berikut 6 aplikasi ujian online yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Google Form

Ujian online umumnya menggunakan Google Form, aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi ujian online terbaik dengan fitur yang terhubung dengan aplikasi pembelajaran milik Google yang bernama Google Classroom.

Aplikasi ujian online ini tersedia secara gratis untuk digunakan dan disesuaikan dengan materi dan soal ujian yang ingin dibuat, jenis soal yang dibuat bisa berbentuk pilihan ganda hingga essay panjang dan pendek. Selain itu kamu juga bisa menggunakan Google Form untuk kebutuhan survey seberapa efektif materi tersampaikan.

Logo Google Form. (Google)

2. Testmoz

Aplikasi ujian online ini memiliki desain tampilan yang simpel dan mudah untuk digunakan, tersedia dalam versi gratis yang bisa digunakan oleh 50 siswa sekaligus.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini berupa soal pilihan ganda, pilihan benar atau salah, soal dengan mencocokan jawaban, soal esai, fitur survei, tersedianya bank soal yang cukup lengkap, manajemen soal yang bisa dengan drag dan drop, fitur mengupload gambar, menyisipkan video, upload file, dengan bandwidth yang rendah, bisa digunakan di desktop maupun mobile.

3. Soal Online

Aplikasi ujian online ini, bisa menggunakan fitur membuat group untuk siswa, presensi siswa, memberikan latihan soal dari koleksi bank soal, hingga mampu melakukan rekap nilai secara otomatis.

Aplikasi ujian online ini juga membantu membuat e-raport, monitoring guru ketika membuat dan memberi soal, juga memonitor siswa ketika mengerjakan soal yang diberikan. Lebih luas lagi bagi dinas dan pengawas, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk monitoring sekolah dan terdapat dashboard khusus untuk dinas.

4. Soal Ujian Sekolah

Aplikasi ujian online ini bisa juga gunakan adalah Soal Ujian Sekolah. Aplikasi ujian online ini bisa digunakan untuk anak-anak sekolah jenjang SD, SMP dan SMU. Yang pasti, aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang simpel dengan warna yang tidak terlalu mencolok.

Berbagai latihan soal juga bisa kamu temukan di bank soal, selanjutnya kamu juga bisa mengecek jawaban dari soal yang sudah dikerjakan di fitur Kunci Jawaban. Tidak hanya soal ujian sekolah saja, kamu juga bisa menemukan berbagai kumpulan soal, baik soal tematik maupun harian.

5. Zoho Challenge

Zoho Challenge menyediakan fitur untuk membuat soal tes atau ujian online lebih powerful. Selain tipe pertanyaan lebih lengkap, aplikasi ujian online ini juga bisa diisi dengan konten multimedia (gambar, suara, dan video). Pertanyaan juga bisa diimpor dari file soal-soal. Aplikasi ujian online ini juga menyediakan fasilitas untuk membuat bank soal.

6. QuizEgg

QuizEgg menggabungkan antara kecanggihan teknologi dan kesederhanaan. Aplikasi ujian online ini membuat para guru lebih mudah dalam menggunakan QuizEgg dalam membuat soal tes atau ujian online. Selain itu laporan dari hasil pengerjaan soal juga disajikan secara laporan dan detail.

Itulah 6 aplikasi ujian online yang bisa kamu gunakan, silahkan tentukan mana yang terbaik dari segi fitur dan kebutuhan untuk membuat ujian online.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

Agar WFH Tak Jenuh, Ini Aplikasi Mewarnai Offline yang Bisa Dimainkan