Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 03 Agustus 2021 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ikuti berikut ini cara mengatur margin di Google Docs dengan mudah yang bisa membuat dokumen lebih rapi lagi.

Google Docs adalah layanan pengolah kata yang diberikan kepada pengguna Google secara gratis. Google Docs dapat digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen penting. Mulai dari catatan meeting, cover letter, proposal, dan masih banyak lagi.

Google Docs adalah versi lain dari Microsoft Word secara online. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam membuat, mengedit, dan memperbarui dokumen menggunakan beragam font dan format.

Selain itu, pengguna juga bisa mengakses dokumen secara bersamaan dengan fitur sharing yang menjadi unggulan aplikasi ini. Fitur Google Docs juga tidak jauh beda dengan Word meski ada beberapa penempatannya yang berbeda dan membuat bingung. Tak sedikit orang yang masih bingung cara mengatur margin di Google Docs.

Cara mengatur margin di Google Docs terbilang mudah. Berikut cara mengatur margin di Google Docs seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Mengatur Margin di Google Docs

  1. Pilihan “File” akan sangat mudah kamu temukan di bagian menu dan terletak di bagian paling kiri.
  2. Cara mengatur margin di Google Docs setelah kamu klik “File”, akan ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih.
  3. Page setup atau pengaturan halaman biasanya terdapat di bagian paling bawah, urutan kedua sebelum pilihan Print.
  4. Cara mengatur margin di Google Docs setelah kamu klik Page setup, kamu akan disajikan pengaturan margin lebih detail. Kamu bisa mengatur margin dokumen dari segala sisi sesuai dengan keinginan dan keperluanmu.
  5. Cara mengatur margin di Google Docs setelah itu klik OK jika kamu mendapatkan margin dokumen yang kamu inginkan.
  6. Cara mengatur margin di Google Docs selesai.

Cara Mengatur Margin di Google Docs dengan Ruler

  1. Pilih ruler di bagian atas dokumen.
  2. Cara mengatur margin di Google Docs bagian kiri, cari bilah persegi panjang dengan segitiga menghadap ke bawah di bawahnya.
  3. Klik area abu-abu di sebelah kiri segitiga yang menghadap ke bawah. Pointer (penunjuk) berubah menjadi panah. Seret area margin abu-abu untuk mengatur dan menyesuaikan ukuran margin.
  4. Cara mengatur margin di Google Docs bagian kanan, temukan segitiga menghadap ke bawah di ujung kanan penggaris, lalu seret area margin abu-abu untuk menyesuaikan ukuran margin.

 

Ilustrasi Google Docs. (Google)

Manfaat Google Docs

  • Mengedit secara bersamaan
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google Docs memungkinkan kamu untuk mengedit sebuah dokumen secara bersamaan. Fitur ini dapat sangat berguna ketika kamu dan tim sedang mengerjakan sebuah proyek bersama.
    Jika diberi akses penuh oleh pemilik dokumen, kamu bisa mengganti detail di dalam dokumen, lalu perubahan tersebut akan tercatat di history. Jadi, jika ingin melihat perubahan apa saja yang ada dan siapa yang mengubahnya, kamu hanya perlu mengklik link “See new changes” atau “Last edit was by …” yang terletak di samping menu Help.
  • Berdiskusi langsung di dokumen
    Kamu bisa menggunakan fitur chat dan mendiskusikan isi dokumen, jika terdapat orang lain yang juga memiliki akses dan sedang membuka dokumen tersebut.
    Hanya perlu mengklik ikon di atas kanan, kamu bisa langsung berbincang dengan pengguna lain yang sedang membuka dokumen. Untuk fitur comment, kamu bisa menggunakannya dengan cara mengklik ikon di samping ikon Share.
  • Langsung mengirimkan dokumen
    Dikarenakan Google Docs langsung terhubung ke akun Gmail, maka kamu dapat langsung mengirimkan email ke alamat yang diinginkan. Hanya perlu mengklik menu File lalu pilih “Email as attachment”, kamu bisa langsung mengirimkan dokumen tersebut sebagai attachment di dalam email.

Begitulah cara mengatur margin di Google Docs, mudah bukan? Sekarang kamu bisa membuat dokumen Google Docs kamu lebih rapi dan profesional. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

5 Program Alternatif Google Docs Terbaik di Android dan PC 2023