Minggu, 16 Juni 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 17 Agustus 2021 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Penampakan kondisi dari bandara Afghanistan menampilkan bagaimana kerumunan orang tertangkap foto satelit yang diambil dari luar angkasa.

Maxar Technologies membagikan foto satelit Senin (16 Agustus) pukul 10:36 waktu setempat (1:36 EDT; 0536 GMT) di Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul, selama upaya evakuasi massal dari kota.

Setidaknya tujuh orang tewas ketika pasukan Amerika Serikat mencoba untuk mengambil alih bandara, menurut laporan USA Today.

Bandara Afghanistan itu kewalahan setelah Taliban, milisi fundamentalis, mengambil alih Kabul dan kota-kota besar Afghanistan lainnya dalam beberapa hari terakhir.

"Beberapa orang Afghanistan mencoba berpegangan pada pesawat yang akan berangkat. Yang lain memadati landasan setelah garis keamanan dilanggar. Menjelang malam, semua penerbangan dari bandara Kabul ditangguhkan," tulis New York Times tentang situasi tersebut.

Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul, Afghanistan. [Twitter/@Maxar]

Maxar Technologies mencatat, banyak orang berada di landasan pacu dan di sekitar bandara Afghanistan, sementara setidaknya satu pesawat Turki bersiap untuk lepas landas.

"Pasukan keamanan dapat terlihat di dekat salah satu landasan pacu utama bandara yang berusaha mencegah kerumunan orang bergerak menuju pesawat lain dan menghalangi operasi penerbangan," kata Maxar dalam sebuah pernyataan.

"Ratusan orang juga terlihat di beberapa gerbang perimeter bandara dan di persimpangan terdekat," dilansir dari Space.com, Selasa (17/8/2021).

The New York Times menambahkan bahwa menurut para saksi, Taliban sekarang mengendalikan akses ke pintu masuk di sisi sipil bandara.

Sejumlah laporan juga mengatakan bahwa pejabat senior pemerintah Afghanistan telah meninggalkan negara itu.

Masalah Afghanistan terjadi setelah kesepakatan dicapai dengan Taliban yang seharusnya memindahkan personel militer Amerika pada 1 Mei, NPR melaporkan.

Itulah foto satelit dari luar angkasa yang menampilkan kondisi bandara Afghanistan penuh kerumunan. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Taliban Banned PUBG Mobile di Afghanistan, Ternyata Ini Alasannya