Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 26 September 2021 | 13:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat ramai di media sosial, video tiga siswa SD menyeberangi sungai dengan naik kotak styrofoam. Rekaman ini sampai mencuri perhatian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR, Fadli Zon.

Melalui cuitan di Twitter, Fadli Zon syok saat melihat video viral di media sosial yang menampilkan siswa SD masih lengkap dengan sergam naik kotak styrofoam di sungai.

Hal tersebut diungkapkan oleh Politikus Partai Gelora ini di akun Twitter resminya. Ia bertanya di mana momen siswa SD menyebrang sungai dengan modal styrofoam itu terjadi.

"Dimana ini ada siswa berjuang menyebrang dengan kotak styrofoam?" cuit Fadli Zon seperti dikutip HiTekno.com dari Suara.com.

Fadli Zon bahkan memberikan sindiran menohok terhadap pemerintah. Ia menilai hal itu tidak seharusnya terjadi di Indonesia.

Apalagi, perkembangan Indonesia saat ini sudah semakin maju. Hal ini terbukti dari rencana pemerintah yang bersiap membuat mobil listrik.

"Luar biasa negara kita. Padahal sebentar lagi mau buat mobil listrik," kritik Fadli Zon.

Fadli Zon Syok Lihat Video Siswa Menyeberang Sungai Pakai Styrofoam. (Twitter/@fadlizon)

Cuitan Fadli Zon itu sendiri ditulis untuk mengomentari sebuah postingan video yang dibagikan akun @UmarChelsea_70. Akun ini membagikan video viral di media sosial tersebut.

"Setelah 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI)," tulis @UmarChelsea_70.

Mereka semua tampak membawa sekotak styrofoam di pinggir sungai. Ternyata, kotak styrofoam itu difungsikan sebagai kapal mereka untuk menyeberang sungai.

Para siswa pun menjejalkan tubuh dan tas mereka ke dalam kotak styrofoam kecil itu.

Tak sampai di situ, siswa-siswa yang masih kecil itu juga menghadapi bahaya tenggelam. Selain arus sungai yang tidak bisa diprediksi, bahaya juga bisa terjadi jika kotak styrofoam itu hancur.

Hingga berita ini dipublikasikan, cuitan Fadli Zon itu telah di-retweet sedikitnya 400 kali. Postingannya itu juga telah mendapatkan 1.300 tanda suka. Juga membuat video viral ini makin ramai.

Tanggapan Susi Pudjiastuti

Bahkan, cuitan Fadli Zon itu sudah sampai ke telinga Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti. Ia menawarkan agar bisa patungan untuk membeli kapal bagi murid-murid tersebut.

"Pak Fadli Zon, dimana ini? Kita bisa patungan saya kasih perahu Susi, cek ombak dan mesinnya. Bapak yang bayar ongkosnya transport kesananya. Kita patungan bisa bantu mereka," ajak Susi Pudjiastuti.

Fadli Zon Syok Lihat Video Siswa Menyeberang Sungai Pakai Styrofoam. (Twitter/@susipudjiastuti)

Respon Netizen

Netizen juga ramai menyoroti video memprihatinkan tersebut. Berikut komentar-komentar netizen:

"Jadi teringat apa yang Krisdayanti koar-koar kan tempo hari tentang gaji dewan dan dana aspirasi. Halo @DPR_RI dan pemerintah dengan instansi terkait sudah dengar keluh rakyatmu belum," sindir netizen.

"Ini pasti seragam sekolah anak SD negara Kufukiland. Indonesia mana ada begini. Pemerintahnya kan amanah," komen netizen.

"Kalau mau disandingkan dengan bakal buat mobil listrik sih kurang pas (menurutku). Karena kita bukan negara miskin atau negara yang gaptek. Justru kita negara yang kaya dan banyak orang pinter. TAPI sayangnya banyak juga yang korupsi pejabatnya," tulis netizen.

"Ini dimana ya? Harusnya ada jembatan. Kalau muternya terlalu jauh pasti ada kapal. Saya gak yakin tiap hari mereka seperti ini," tambah yang lain.

"Kreativitas yang muncul saat terjepit situasi. Daripada mengeluh dan dropout lebih baik menikmati proses secara swadaya," timpal lainnya.

Itulah video viral di media sosial, menampilkan siswa SD naik kotak styrofoam untuk menyeberangi sungai. Hingga mencuri perhatian Fadli Zon  dan Susi Pudjiastuti. (Suara.com/ Ruth Meliana Dwi Indriani).

BACA SELANJUTNYA

Sedang Macet-macetan, Aksi Susi Pudjiastuti Minta Rokok ke Warga Langsung Trending di Twitter