Minggu, 28 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 26 September 2021 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul yang berumur puluhan tahun dapat menjadi nilai sejarah bagi generasi penerusnya. Sebuah foto lawas yang menampakkan ibu-ibu sedang berdemo ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan unggahan mengenai foto jadul tahun 1966. Postingan menampakkan kumpulan ibu-ibu yang sedang melakukan unjuk rasa atau demo untuk mengeluarkan pendapatnya.

Akun @potolawasofficial sebenarnya membagikan ulang arsip foto yang tersimpan di Het Geheugen, Algemeen Nederlands Persbureau (ANP) melalui ANP Foundation.

ANP mendirikan ANP Foundation pada tahun 2008 untuk menyimpan arsip sejarah dan membukanya untuk umum. Situs resmi Het Geheugen (geheugen.delpher.nl) menjelaskan bahwa foto itu diambil pada 24 Februari 1966. Kumpulan orang di dalam foto merupakan para wanita anggota Kowani (Kongres Wanita Indonesia) di Jakarta.

"DJAKARTA: Ook de leden van de Kowani (Indonesische Vrouwen Congress) namen deel aan de massabijeenkomst voor het paleis van president Soekarno, waar honderden studenten en scholieren bijeen waren gekomen om te betogen ivb de reorganisatie van het kabinet. (Jakarta: anggota Kowani juga mengikuti aksi massa di depan Istana Presiden Soekarno, di mana ratusan mahasiswa berkumpul untuk berdemonstrasi tentang reorganisasi kabinet)," tulis keterangan dari ANP Foundation.

Foto jadul ibu-ibu ikut unjuk rasa 1966. (Het Geheugen, ANP Foundation via Instagram/ potolawasofficial)

Netizen dibuat salfok dengan gaya ibu-ibu yang sedang berunjuk rasa. Kita dapat melihat ibu-ibu dengan rambut berkonde di bagian depan. Beberapa di antaranya menggunakan topi yang cukup keren.

Barisan belakang dihuni oleh ibu-ibu yang memakai kain untuk menutupi kepalanya. Tak sedikit di antara mereka yang memakai jarit batik dan kebaya saat melakukan demonstrasi.

Sebagian netizen memuji bahwa aksi demo ibu-ibu tersebut cukup sopan dan terlihat bermartabat. Mereka bahkan berbaris rapi sembari memancarkan tatapan wajah datar. Foto jadul mengenai aksi ibu-ibu demo pada tahun 1966 ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul ibu-ibu ikut unjuk rasa 1966. (Het Geheugen, ANP Foundation via Instagram/ potolawasofficial)

"Demo tapi kelihatan bermartabat banget," kata @ki**a_s*.

"Kebayang kalau sekarang demo dengan pakaian kayak gitu dikira pawai budaya (emoticon tersenyum)," balas @j**19**64.

"Salut sama mereka. Unjuk rasa masih sempat berkain batik dan berkonde. Kalau itu di zaman sekarang, salon-salon auto antri panjang..wkwk," pendapat @n**alie*liza**thian.

"Berpakaian tradisional, asli wanita Indonesia, hebat!" puji @ta**ng**ot.

Itulah tadi foto jadul ibu-ibu demo tahun 1960-an dengan pakaian tradisional dan bergaya santun sehingga bikin netizen salfok, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli