Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 28 September 2021 | 13:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa foto jadul terkadang menampakkan paras manis dan cantik orang-orang Indonesia tempo dulu. Potret lawas putri keraton dengan senyuman manisnya ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage @potolawasofficial membagikan foto jadul seorang perempuan dengan penampilan cukup sederhana. Meski berdandan dan berbusana cukup tradisional, namun banyak netizen menilai bahwa aura kecantikan putri keraton ini sangat terpancar.

Sosok di dalam foto adalah perempuan bernama Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau akrab disebut sebagai Gusti Noeroel (Gusti Nurul).

Dikutip dari Wikipedia, Gusti Noeroel adalah putri tunggal dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII dan permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu Timoer.

Ayah dari Gusti Noeroel merupakan seorang ningrat dari Solo yang beristrikan putri dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Ibu Gusti Noeroel adalah puteri ke-12 Sultan Hamengku Buwono VII dari permaisuri ketiga, G.K.R. Kencono.

Foto Jadul Gusti Nurul. (Instagram/ potolawasofficial)

Akun fanspage @potolawasofficial membagikan foto hitam putih Gusti Nurul dan versi lain yang telah diwarnai oleh akun @kangope. Terdapat pula video Gusti Nurul saat sedang menari diiringi oleh musik dari gendhing Jawa.

Foto terkait Gusti Nurul diketahui tersimpan rapi di KITLV Leiden University. Berdasarkan keterangan dari arsip online di Leiden University, foto yang menampakkan Gusti Nurul di depan mikrofon diambil sekitar tahun 1940.

"Goesti Raden Adjeng Siti Noeroel Koesoemowardani, putri Mangkoe Nagoro VII, berbicara di depan mikrofon pemancar Solosche Radio Vereniging di Soerakarta pada usia 18 tahun," tulis keterangan pada arsip online di Leiden University.

Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)

Tak hanya netizen zaman now yang terpesona oleh Gusti Nurul, namun beberapa petinggi negeri ini juga pernah terpikat oleh gadis cantik tersebut.

Konon Sutan Sjahrir hingga Bung Karno pernah jatuh hati pada Gusti Nurul. Meski begitu, putri bangsawan tersebut akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang militer berpangkat letnan kolonel yang bernama RM Soerjo Soejarso.

Masih belum diketahui terkait tahun berapa video tersebut direkam. Namun penampilan Gusti Nurul itu nampak lebih muda dibandingkan foto yang beredar.

Ia menampilkan tarian yang lemah gemulai sehingga netizen semakin memuji talentanya. Foto dan video jadul terkait Gusti Nurul ini memperoleh lebih dari 8.400 tanda suka dan memancing ratusan komentar pujian dari netizen.

"Subhanallah, ini baru cantik beneran bukan oplosan," kata @a**na_b**iarti.

"Cantiknya alami," puji @r**_le**isha.

"Ayu dan anggun, aura ninggratnya terpancar," komentar @e**_t**sna.

Itulah tadi foto jadul dan video mengenai putri keraton yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Foto Jadul Rachel Vennya Viral, Netizen Bandingkan dengan Penampilan Sekarang