Rabu, 27 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 Oktober 2021 | 17:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Viral di media sosial, kisah pria curhat soal nama anak yang panjangnya mencapai 19 kata. Bahkan sampai terkendala dalam pembuatan akta.

Gegara nama anak terlalu panjang, ia curhat melalui surat kepada Presiden Jokowi terkait sulit mendapat akta lahir karena nama yang terlalu panjang.

Dalam sebuah unggahan akun Instagram @memomedsos, Selasa (5/10/2021) tampak sebuah foto bayi lengkap dengan nama pemberian orang tuanya yang sangat panjang.

Nama anak tersebut diketahui terdiri dari 19 kata. Seperti apa panjang nama ini mencuri perhatian netizen hingga kisahnya viral di media sosial.

Nama yang panjang dan unik

Anak punya nama terdiri dari 19 kata (instagram)

Berdasarkan keterangan dalam foto yang viral di media sosial tersebut diketahui bahwa sang anak kini usianya sudah hampir 3 tahun namun belum juga memiliki akta lahir.

Dalam foto itu tertulis naman sang anak yang terdiri dari 19 kata.

"Alhamdulillah telah lahir anak kami yang kedua: Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi - Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta," bunyi tulisan dalam postingan tersebut dikutip HiTekno.com dari Suara.com.

Tulis surat terbuka untuk Presiden

Dalam unggahan viral di media sosial itu juga dibagikan tangkapan layar surat terbuka yang ditulis orang tua si anak tertuju untuk Presiden Jokowi.

Selain mengadu bahwa nama sang anak kerap dijadikan olokan, ia juga meminta bantuan presiden agar ia bisa mengurus akta lahir sang anak yang tak kunjung jadi.

Hal itu karena pihak terkait menolak permohonan pembuatan akta lahir atas nama anak tersebut. Nama yang terlalu panjang diduga menjadi penyebab penolakan.

"Mungkin bagi sebagian yang tidak memahami sakralnya sebuah nama, nama anak kami jadi bahan candaan dan olok-olok," ujar sang ayah dalam suratnya.

"Jika di daerah kami, kami tidak mampu mewujudkan nama anak kami, kami berharap bapak presiden bisa membantu kami untuk mewujudkan nama anak kami untuk diakui secara sah di negeri Indonesia ini," ujarnya lagi.

Surat terbuka untuk presiden (instagram)

Tanggapan Netizen

Melihat video viral di media sosial tersebut, para netizen lantas menuliskan beragam komentar. Sebagian besar dari mereka menyoroti isi surat terbuka pada presiden tersebut.

"Nama kalau terlalu panjang nulis di ijasahnya juga susah nanti. Kasian adeknya juga pasti jadi bahan becandaan," komentar salah seorang netizen.

"Orang tua macam apa yang mempersulit hidup anak ke depannya?" sahut netizen lain.

"Nama adalah doa memang, bahkan setiap kata adalah doa. semua org tau itu. tpi yg perlu ditekankan kembali, sesuatu yg berlebihanpun tidak benar," tulis salah seorang netizen.

"Lahhh elu yang ngasih dia nama panjang bener, presiden yang suruh nanganin. Situ sehat?" sahut netizen lain.

"Kasihan anaknya pas ujian nasional," ujar salah seorang netizen.

"Wkwk. Konyol. Pemerintah ganti aturan cuma buat elu doang," ujar netizen lain.

Itulah viral di media sosial, kisah nama anak panjang hingga kesulitan untuk bikin akta lahir. (Suara.com/ Aprilo Ade Wismoyo).

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen