Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 09 Oktober 2021 | 17:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sepeda termasuk salah satu alat transportasi dengan harga cukup terjangkau. Sebuah nota pembelian sepeda pada tahun 1960-an dengan "harga miring" ini sukses menarik perhatian netizen.

Bon atau nota pembelian itu nampak menampilkan tulisan tangan yang begitu rapi sehingga membuat netizen kagum.

Seorang pengguna Facebook dengan akun bernama Chandra Deni membagikan postingan menarik melalui grup INDONESIA TEMPO DOELOE.

"Bon pembelian sepeda kakek saya di Medan pada tahun 1968 dengan harga Rp 20 ribu dan masih menggunakan meterai satu rupiah," tulis Chandra Deni pada keterangannya.

Postingan yang dibagikan berhasil viral setelah memperoleh 5.400 tanda suka dan ratusan komentar dari netizen. Cukup menarik, unggahan turut dibagikan lebih dari 160 kali kepada netizen yang lain.

Nota pembelian sepeda jadul ini bikin netizen salfok. (Facebook/ Chandra Deni via Grup INDONESIA TEMPO DOELOE)

Kita dapat melihat penampakan nota pembelian yang cukup lusuh di mana beberapa bagian sudah sobek. Meski begitu, tulisan bertinta biru nampak sangat rapi sehingga netizen memujinya.

Uang Rp 20 ribu tentu cukup murah jika diukur pada zaman sekarang. Meski begitu, banderol harga sepeda di dalam nota tentu cukup mahal di zamannya.

"Sedia segala model speda serta perkakasnja. Surat keterangan speda. Dua puluh ribu rupiah sadja," tulis keterangan pada nota pembelian yang masih menggunakan ejaan tempo dulu.

Pada sebuah iklan jadul sepeda motor yang pernah beredar beberapa waktu lalu, kita bisa melihat harga motor Honda 125 cc tahun 1969 dibanderol mulai dari Rp 200 ribu.

Nota pembelian sepeda jadul ini bikin netizen salfok. (Facebook/ Chandra Deni via Grup INDONESIA TEMPO DOELOE)

Sementara itu Vespa Sprint 150 cc tahun 1968 dibanderol dengan harga Rp 260 ribu. Versi Vespa standar 125 cc tahun 1960 dapat dibeli dengan harga Rp 100 ribu.

Jika dibandingkan dengan sepeda motor, harga sepeda itu tergolong tidak murah. Postingan mengenai nota pembelian sepeda tahun 1960-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Ya ampun tulisannya bagus banget," puji Cl*r*n J*S.

"Seingat saya kalau nanggap hiburan layar tancap tahun 1970 sudah seharga Rp 15 ribu. Waktu itu menanggap layar tancap saat abang saya disunat," tulis S**a*man *.

Iklan jadul sepeda motor tahun 1960-an dan 1970-an. (Facebook/ Indonesia Jaman Dulu)

"Tahun 70-an kakekku beli tanah dengan harga Rp 6.000. Wah berarti sepeda itu mahal sekali," komentar A**re A*.

"Dengar-dengar dulu kalau mau beli sepeda atau motor harus jual tanah atau sapi katanya ya," balas R. C*m**k.

"Saya fokus sama tulisan orang zaman dulu, luar biasa tertata rapi dan indah penuh dengan makna konsekuensi dan kedisiplinan kuat. Alhamdulillah merasakan zaman-zaman belajar baca dan nulis dengan Bapak dan Ibu Budi," kenang R**w*n O*sm*n.

Itulah tadi foto nota pembelian jadul pada tahun 1960-an yang menarik perhatian sehingga viral di Facebook, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini