Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Barang-barang jadul tentu memiliki nilai tersendiri di mata orang-orang yang gemar mengoleksi benda antik. Penampakan nota pembelian dan sebuah motor lawas 1970-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Kepleh membagikan foto mengenai motor lawas dan notanya melalui Grup INDONESIA TEMPOE DOELOE.

"Masih tersimpan rapi nota faktur asli pembelian sepeda motor tahun 1976 peninggalan bapak (emoticon tersenyum)," tulis Kepleh melalui caption-nya.

Netizen dibuat salfok mengingat nota pembelian tersebut masih terawat dengan baik. Tak hanya itu, motor Honda C70 tahun 1976 juga masih tersimpan di dalam ruangan.

"Sepeda motor merk Honda. Dalam keadaan 100 % (prosen) baru negeri asal Jepang. C70 tahun 1976, warna merah. Harga Rp 237.500," tulis penggalan keterangan yang ada pada nota.

Foto motor jadul dan notanya ini menarik perhatian netizen.(Facebook/ Kepleh via Grup INDONESIA TEMPOE DOELOE)

Kita juga bisa melihat bahwa nota tersebut dikeluarkan oleh PT Federal Motor, nama lawas dari PT Astra Honda Motor. Meski Rp 237 ribu merupakan angka yang cukup kecil saat ini, namun banderol harga tersebut tentu cukup mahal di era lawas.

Beberapa foto jadul sering memperlihatkan orang-orang yang begitu bangga ketika berfoto dengan motor di tahun 1970 dan 1980-an. Tak seperti sekarang di mana motor sudah menjamur, tahun 70-an dan 80-an jumlah mobil serta motor tak begitu banyak.

Dari foto jadul yang beredar sebelumnya, kita pernah melihat orang yang nampak bangga ketika berfoto di samping Suzuki FR80, seri Honda Super Cup 1970, hingga Vespa Sprint 1968.

Foto motor jadul ini menarik perhatian netizen.(Facebook/ Kepleh via Grup INDONESIA TEMPOE DOELOE)

Menurut pengakuan netizen dari cerita orangtua mereka, tanah pada saat itu masih bisa dibeli dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Pemilik motor dan mobil puluhan tahun lalu tentu merupakan golongan kelas atas.

Melihat postingan mengenai nota pembelian Honda C70, banyak netizen yang berpendapat bahwa kendaraan di atas mempunyai nilai sejarah tersendiri sehingga mahal di mata kolektor. Postingan nota jadul ini menarik perhatian setelah memperoleh 3.700 tanda suka dan ratusan komentar dari netizen.

"Hebat. Saya selalu kagum dengan orang-orang yang bisa merawat barang berumur puluhan tahun dengan baik bahkan masih bisa digunakan," kata El**an*a E*a.

Foto nota motor jadul ini menarik perhatian netizen. (Facebook_Kepleh via Grup INDONESIA TEMPOE DOELOE)M

"Waduh baru lahir, waktu itu orangtua beli tanah kebun 30.000 dapat 400 meter sekarang pasaran sudah Rp 5 juta per meter. Kalau dibelikan kebun sekarang miliaran itu," tulis N*r A*h*t A**h Aq*l*h.

"Jarang motor lawas yang masih ada notanya. Di mata kolektor ini bisa mahal banget," pendapat M*k*i M**ina.

"Punya dan bisa beli Honda C70 tergolong orang kaya saat itu," komentar M**h S**ch**ni.

"Wow, istimewa ini," puji D*m*s J*m*o.

Itulah tadi postingan nota pembelian motor tahun 1970-an yang begitu terawat sehingga menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian? (Postingan bisa diakses melalui LINK INI).

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi