Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 18 Oktober 2021 | 20:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini Twitch tersandung masalah kebocoran data, di mana hacker sukses mengondol banyak informasi dari server layanan live streaming tersebut.

Twitch sendiri telah mengakui kasus kebobolan atas ulah hacker tersebut. Namun paling baru, platform ini mengklaim kebocoran data tak sampai ke password.

Situs live streaming ini mengatakan data pengguna seperti kata sandi atau password tidak diungkap dalam insiden kebocoran data yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Password Twitch belum terungkap. Kami juga yakin bahwa sistem yang menyimpan kredensial login Twitch, yang di-hash dengan bcrypt, tidak diakses. Juga nomor kartu kredit atau informasi ACH/bank," kata Twitch dalam blog resminya, dikutip Minggu (17/10/2021).

Twitch menyebutkan data yang bocor di web berisi dokumen dari repository source code mereka. Kemudian kebocoran data Twitch ini juga memuat sebagian dari data pembayaran kreator.

Aplikasi video Twitch pada sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]

"Kami telah menjalani tinjauan menyeluruh terhadap informasi yang disertakan dalam file yang diekspos. Kami yakin bahwa itu hanya memengaruhi sebagian kecil pengguna dan dampaknya kecil," ujar Twitch.

Saat ini Twitch melaporkan sudah menindaklanjuti langsung dengan menghubungi pengguna yang terpengaruh dari insiden tersebut.

"Kami bertanggung jawab untuk melindungi data-data Anda dengan sangat serius. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk mengamankan layanan, dan kami meminta maaf untuk semua komunitas Twitch," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Twitch kena retas oleh hacker anonim. Data 125GB berisi informasi internal perusahaan bocor di forum online.

Secara rinci, kebocoran data Twitch ini berisi source code, informasi terkait produk yang belum dirilis, hingga detail pembayaran atau gaji ke kreator Twitch.

Itulah penjelasan Twitch kalau kasus kebocoran data tidak sampai ke password akun pengguna. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Jadwal dan Link Live Streaming Bigetron Alpha vs EVOS Icon: Penentuan Wakil Indonesia di IESF WEC 2023