Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Data-data milik Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) diduga telah bocor ke internet. Bahkan telah muncul ini RaidForums pada 13 Oktober 2021 kemarin.

Dalam RaidForums muncul dengan judul Leaked Database KPAI (kpai.go.id) yang diklaim milik KPAI tersebut.

Temuan kebocoran data ini ramai di media sosial usai diunggah oleh akun Twitter @txtdarionlshop. Ia mengunggah screenshot berisi akun yang menjual hingga deskripsi database yang diduga bocor.

"Wah wah wah, database @KPAI_official katanya bocor nih," kata @txtdarionlshop, dikutip Kamis (21/10/2021).

Diduga data yang diretas ini berasal dari identitas pribadi dari orang-orang yang pernah melakukan pengaduan ke KPAI. Data ini sendiri diunggah oleh akun dengan username C77.

Berdasarkan dimuat Suara.com di situs RaidForums, dugaan kebocoran data ini menunjukkan data seperti id, nama, nomor identitas, kewarganegaraan, telepon, hp, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat lahir, tangga lahir, jenis kelamin, provinsi, kota, hingga usia.

Thread yang diunggah di RaidForums ini kemudian mendapatkan beberapa komentar dari pengguna. Ada yang mengucapkan terima kasih hingga memperingatkan pengunggah thread untuk hati-hati.

"Ternyata banyak database Indonesia yang bocor disini. Terimakasih, mungkin ini bisa dijadikan koleksi berikutnya," kata netizen.

"Awas bang ada tukang bakso," kata lainnya.

"Depan rumah ada tukang baso ga bang?" komentar netizen lainnya.

"Mantap data Indonesia emang open source, lanjutkan brother," ungkap netizen.

"Bro, there is victim data, at least delete it first," kata lainnya yang menyebut ini adalah pelanggaran dan mengajak pembuat thread untuk menghapusnya.

Sampai berita ini ditayangkan, masih menunggu tanggapan Ketua KPAI, Susanto terkait kabar kebocoran data lembaga tersebut. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Huawei dan Telkomsel, Hadirkan Modem Orbit Star H2 dengan Paket Kuota FantaSix 150 GB