Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul puluhan tahun lalu biasanya dapat menjadi nilai sejarah dan pembelajaran bagi generasi setelahnya. Deretan foto yang menampakkan tentara Indonesia di tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan setidaknya empat foto jadul ketika tentara Indonesia sedang berkumpul di pinggir jalan.

Meski seragam dan pakaian mereka nampak sederhana, banyak netizen yang memuji serta berterima kasih kepada para pejuang. Beberapa di antara mereka cukup muda dan bahkan memakai celana pendek.

"Potret aktifitas saat TNI hijrah ke daerah Jawa Tengah, sekitar Februari 1948. Banyak wilayah di Jawa Barat menjadi tempat awal proses hijrah. Pasukan TNI berkumpul di Cianjur, Ciwidey, Kuningan, Purwakarta, dan Sukabumi untuk meninggalkan kampung halaman dan tempat perjuangan menuju Jawa Tengah," tulis @potolawas pada keterangannya.

Proses perpindahan pasukan juga tercatat di wilayah Sumatera Selatan (pangkalan udara Karang Endah, Gelumbang, Muara Enim), Jawa Tengah (Banyumas, Kroya), dan Jawa Timur (Bangil). Akun fanspage @potolawas membagikan ulang arsip online yang tersimpan di laman Nationaal Archief Belanda.

Foto jadul tentara Indonesia tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Dikutip dari Wikipedia bersumber pada buku berjudul "Sejarah TNI Jilid I", TNI pada awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan selanjutnya diubah kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Setelah Konferensi Meja Bundar (KMB) pada bulan Desember 1949, Indonesia berubah menjadi negara federasi dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS). Sejalan dengan itu, maka dibentuk pula Angkatan Perang RIS (APRIS) yang merupakan gabungan antara TNI dan KNIL.

Foto jadul tentara Indonesia tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Pada tahun 1962, terdapat upaya penyatuan angkatan perang dengan kepolisian negara menjadi sebuah organisasi yang dinamakan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Terdapat netizen yang merasa sedih saat melihat foto jadul karena para pejuang Tanah Air memiliki postur tubuh tak sekekar pihak lawan.

Melalui foto yang dibagikan di forum Indonesia Tempoe Doeloe, kita pernah melihat perbandingan postur tubuh antara tentara Indonesia dengan Belanda.

Foto jadul tentara Indonesia tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Mereka memang tak memiliki postur kekar, namun keberanian yang begitu besar telah membantu bangsa ini dalam mempertahankan kemerdekaan. Foto jadul tentara Indonesia tahun 1940-an tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Wow, ada pasukan Siliwangi, divisi legendaris," kata @h**lan***fti.

"Mereka terlihat tampan dan pemberani," puji @F**no.N**endi.

Foto jadul tentara Indonesia tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Romo Harkit, via Indonesia Tempoe Doeloe)

"Terima kasih pahlawan-pahlawanku, aku sedih melihat badan mereka tidak ada yang gemuk. Namun aku yakin, semangat mereka, lebih dari semangat mencintai Tanah Air. Mereka berjuang menjaga harga diri bangsa tapi terganggu agresi militer Belanda (emoticon menangis)," pendapat @l**i_i**8iani99.

"Bayangkan dulu Ciwidey dinginnya kayak apa dan mereka pakai seragam kayak gitu (emoticon terharu)," komentar @j**ma*l.

Itulah tadi foto jadul tentara Indonesia di tahun 1940-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian? (Postingan foto ada di link ini).

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli