Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 30 Oktober 2021 | 11:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Iklan jadul yang berumur puluhan tahun lalu dapat memberi kita wawasan mengenai barang-barang mewah tempo dulu. Penampakan iklan jadul mengenai motor lawas tahun 1956 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI mengunggah postingan mengenai iklan dengan desain tak biasa. Iklan tersebut masih berwarna hitam putih dengan bahasa cukup sederhana. Rupanya itu adalah sebuah iklan jadul 1956 yang memamerkan motor 497 cc.

Netizen dibuat salfok dengan harga motor yang dibanderol puluhan ribu rupiah. Jika dilihat dari zaman sekarang, harga motor tersebut sama seperti seporsi sate kambing.

Meski begitu, Rp 34.500 tentu sangat mahal jika dilihat dari tahun 1956. Pada postingan iklan lawas sebelumnya, netizen generasi 1960-an cukup akrab dengan istilah ringgit, ketip, kelip, talen/tali dan juga sen.

Seringgit atau satu ringgit merupakan sebutan untuk nilai uang Rp 2,5 atau 2 rupiah 50 sen. Beberapa generasi lawas pernah mengenang bahwa Rp 2,5 sangat berharga di mana mereka dapat membeli jajanan yang mengenyangkan. Tentu nilai itu semakin besar jika dilihat pada 1956.

Iklan jadul tahun 1956 yang menampakkan motor lawas ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Norton Dominator De Luxe Twin. 497 cc, model 88 tahun 1956, Rp 34.800. Sole Distributors: Ratu Djasa Senen Raya 54 Djakarta. Tanjalah pada service dealer kami di kota tuan," tulis keterangan pada iklan lawas yang masih menggunakan ejaan lama. Unggahan iklan jadul ini menarik perhatian setelah memperoleh 277 tanda suka dan dibagikan puluhan kali oleh netizen.

"Salah satu merek sepeda motor lawas asal Inggris adalah Norton. Norton dibangun oleh James Lansdowne pada tahun 1898 di Birmingham, Inggris. Dalam perkembangannya Norton memproduksi berbagai jenis model sepeda motor, salah satunya model 88 Dorminator Deluxe Twin dengan kapasitas mesin 497 cc. Pada tahun 1956 harga yang dibandrol untuk memiliki motor ini adalah Rp. 34.800," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional.

Dikutip dari Wikipedia, Norton Model 88 Dominator yang awalnya dikenal sebagai Dominator De Luxe merupakan motor 500 cc yang diproduksi oleh British Norton Motor Company dari tahun 1952 hingga 1966.

Iklan jadul tahun 1956 yang menampakkan motor lawas ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Tak sedikit netizen yang memberikan emoticon tersenyum hingga tertawa saat berimajinasi membeli motor seharga itu di zaman sekarang. Unggahan iklan jadul 1956 ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Salut sama desainnya timeless banget. Di tahun sekarang aja masih banyak sepeda motor dengan desain seperti ini," puji Ah**d F**na*an.

"Ada yang masih punya motor ini? Saya bayarin Rp 250 ribu..wkwk," canda J**u Bi*as**ti.

"Tahun segitu kakek kerja di pabrik tekstik kerja sebulan dapat Rp 500 (emoticon tersenyum)," balas Ay**ta Mau**na.

"Sekarang mungkin kira-kira Rp 348 juta itu," pendapat H**o R**op**nomo.

Itulah tadi postingan iklan jadul 1956 yang bikin netizen salfok dengan harga motor lawas, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini