Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 02 November 2021 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan bukti registrasi dan dokumen yang diperlukan seseorang saat membawa kendaraan. Penampakan SIM di zaman Belanda ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Titink Dwi Sulistami membagikan unggahan menarik melalui forum INDONESIA TEMPOE DOELOE. Ia memperlihatkan SIM milik sang kakek saat hidup di zaman Belanda.

"SIM-nya simbah zaman Belanda. Baru tahu kenapa orang-orang zaman dulu bilang SIM adalah Rebuwes, ternyata dari bahasa Belanda," tulis Titink Dwi Sulistami pada keterangannya.

Unggahan berhasil viral setelah memperoleh 1.200 tanda suka dan dibagikan lebih dari 100 kali. Dokumen yang dapat dilipat itu mencantumkan kata Rijbewis yang berarti Surat Izin Mengemudi dalam bahasa Belanda.

"Oud 20 jaren. Wonende te Ds. Ronggomoeljo Toeban. Residentie Bodjonegoro," tulis keterangan di dalam SIM. Dari keterangan tersebut, sang pemilik SIM nampak berumur 20 tahun dan tinggal di Tuban.

Penampakan SIM zaman Belanda ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Titink Dwi Sulistami via Indonesia Tempoe Doeloe)

SIM tersebut nampak disahkan atau dikeluarkan pada tahun 1932. Banyak netizen yang mengaku bahwa tetua mereka sering menyebut Rebuwes atau Rebewes untuk menggantikan kata SIM. Netizen dibuat salfok serta terkesima dengan tulisan tangan manual yang dianggap sangat cantik.

Dengan menggunakan tinta biru, tulisan itu nampak artistik dan sangat rapi. SIM jadul di era Belanda rupanya berukuran sangat panjang dan bisa dilipat jika dibandingkan bentuk SIM saat ini. Unggahan mengenai SIM zaman Belanda di tahun 1930-an tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Tulisan tangannya mantap," kata Du**h Pa**ndan.

"Beneran bentuk surat ya, bukan kartu seperti sekarang," balas Si**anto Ta**atmojo.

Penampakan SIM zaman Belanda ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Titink Dwi Sulistami via Indonesia Tempoe Doeloe)

"Kata-kata bahasa Belanda yang (dulu) biasa digunakan. Vreij = prei = libur. Poes = pus = kucing. Stroom = strum = listrik. Leiding = ledeng/air ledeng/PDAM. Onderdeel =orderdil," kata R**i S**yo menginformasikan.

"Tulisan tangannya cantik. Foto mbahnya juga ganteng," puji Re**ng S**da.

"Waktu saya kecil masih sering dengar para orang tua bilang Rebuwes," kenang Gi**s Pr**osa.

Itulah tadi postingan mengenai SIM zaman Belanda tahun 1930-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian? (Unggahan di atas bisa dilihat melalui LINK INI).

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz