Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 03 November 2021 | 19:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Platform audio streaming lokal NOICE menghadirkan fitur interaktif baru yang dinamakan NOICE Live. Melalui fitur ini menawarkan kesempatan untuk interaksi dan 'ngobrol' dengan para konten kreator favorit.

Sejak diluncurkan tahun 2018, platform konten audio NOICE hanya membutuhkan waktu singkat untuk bisa 'mendisrupsi' industri konten audio di Indonesia, yang dibuktikan dengan lebih dari 1 miliar menit telah dihabiskan pengguna untuk mendengarkan konten audio di aplikasi NOICE hingga saat ini. 

Jelang penghujung tahun 2021, NOICE kembali menghadirkan gebrakan dengan fitur live audio terbaru, NOICE Live. Tercatat kini lebih dari 1 juta pengguna bisa berinteraksi langsung dengan kreator favoritnya di NOICE lewat fitur interaktif ini.

Para kreator pun tidak terbatas pada podcaster yang telah berkarya di NOICE, tetapi juga para artis dan public figure, penyiar radio, musisi, hingga para pakar yang ingin berbagi ilmu. Hal ini mengingat NOICE Live mengangkat berbagai topik-topik lokal menarik dari mulai obrolan ringan, komedi, musik, hingga obrolan seputar bisnis maupun isu-isu terkini setiap harinya. 

CEO (Chief Executive Officer) NOICE, Rado Ardian menjelaskan "Sejak diluncurkan, kami terus melihat antusiasme para pengguna NOICE terhadap fitur NOICE Live, dan kami optimis fitur ini akan terus mendapat perhatian dari pengguna. Pendengar bisa menikmati cara baru untuk berinteraksi langsung dengan kreator, artis, musisi ataupun experts dalam sebuah ruang diskusi menarik yang dapat dilakukan melalui komen atau bahkan mengobrol langsung antara satu sama lain secara real time. NOICE Live dapat dinikmati masyarakat luas, siapapun, secara inklusif, tanpa perlu invitation. Kami harap pengguna sekarang mempunyai lebih banyak ragam pilihan konten audio dalam format yang mereka senangi dalam satu genggaman."

Kemudahan Berinteraksi & Membangun Komunitas Lewat Live Audio

NOICE Live. (NOICE)

Fitur NOICE Live memperkuat interaktivitas yang ada di aplikasi NOICE untuk memberikan pengalaman terbaik dalam mendengarkan konten audio. Sebelumnya, NOICE juga telah memiliki berbagai fitur interaktif yang menunjang kemudahan Paranoice - sebutan bagi para pendengar setia NOICE - untuk berinteraksi dengan kreator atau podcaster favoritnya seperti fitur komentar, follow, direct message, share dan masih banyak lainnya.

Sekarang, fitur-fitur tersebut juga dapat diakses untuk menunjang interaktivitas di dalam NOICE Live menjadi lebih menarik. Tidak hanya berkomentar secara tertulis melalui komentar, pendengar juga dapat dijadikan sebagai pembicara sehingga dapat merasakan kesempatan berinteraksi langsung bersama host dan narasumber lainnya layaknya ngobrol bersebelahan.

Cara untuk mengakses NOICE Live sangat mudah, cukup mengunduh aplikasi NOICE di Google Play Store untuk pengguna Android atau Apple App Store untuk pengguna iOS. Kemudian dapat dilakukan sign up dengan registrasi email atau nomor handphone lalu sign in. 

Fitur NOICE Live dengan mudah dapat ditemukan pada beranda aplikasi, dengan tampilan sederet room yang tersedia. Pengguna dapat memilih room yang diinginkan  untuk bergabung sesuai topik, waktu, dan host masing-masing. Pengguna juga dapat menggunakan fitur 'Ingatkan Saya' agar tidak ketinggalan jadwal room di NOICE Live.

Selain itu, konten kreator yang ingin menjadi host di NOICE Live bisa menjadwalkan room sesuai waktu yang diinginkan ataupun membuat room secara instan.

Lewat NOICE Live, konten kreator dapat mengembangkan kreativitas dalam membuat konten yang menarik untuk menjaga loyalitas pendengarnya. Satu room dapat menampung lebih dari 2.000 pendengar secara bersamaan.

Sejumlah public figure dan influencer ternama telah membuka room-nya di NOICE Live. Sebut saja boyband UN1TY yang berinteraksi bersama fansnya di room NOICE Live yang kala itu lebih dari 1.000 orang bergabung di dalamnya.

Tidak kalah seru,  mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang juga seorang pengusaha, Wishnutama Kusubandio, turut meramaikan NOICE Live lewat room-nya dengan mengajak bintang tamu politikus muda berbakat, Tsamara Amany.

Serta baru-baru ini, entrepreneur Raymond Chin, juga melakukan sesi interaktif di NOICE Live untuk social project seputar entrepreneurship yang digagasnya. Umumnya, malam hari sekitar pukul 20.00 merupakan waktu paling ideal untuk memulai room di NOICE Live karena sebagian besar pengguna mendengarkan konten audio di aplikasi NOICE pada waktu tersebut.

Menilik tujuan NOICE untuk berkontribusi dalam pertumbuhan industri konten audio di Indonesia, kehadiran fitur live audio ini sangat menjanjikan mengingat fitur ini dapat melengkapi multi vertikal lainnya untuk tumbuh sebagai bagian dari ekosistem konten audio.

Di sisi lain, dalam berbagai kesempatan NOICE terus menyuarakan komitmen perusahaan untuk mendukung perjalanan kreator konten dalam mengembangkan karyanya, Tidak hanya dukungan dari sisi fasilitas, tetapi juga mempromosikan karya mereka.

Salah satu strategi menarik yang ditempuh oleh NOICE juga memastikan bahwa pendengar-pendengar mendapatkan kurasi  live audio program yang rutin, terjadwal, serta konsisten  dari sisi kualitas konten.

"Mendengarkan obrolan kreator favorit dengan topik diskusi yang seru di NOICE Live rasanya seperti mengobati rindu akan momen ngobrol atau 'nongkrong' dengan teman yang frekuensinya pasti berkurang di kala pandemi ini. Mendengarkan konten audio itu adalah theatre of mind,  pendengar bisa tersenyum dan tertawa hanya dengan berimajinasi ketika mendengarkan percakapan para kreator konten favorit mereka. Di sisi lain, kami  ingin para  kreator konten dan brand bisa punya kesempatan untuk membangun dan menemukan komunitasnya di dalam platform  NOICE. Dalam jangka panjang, kami berharap NOICE bisa membuka lapangan kerja baru di industri ini dan membuktikan bahwa menjadi kreator konten audio dapat menjadi satu hal yang dicita-citakan oleh banyak orang." kata CBO (Chief Business Officer) NOICE, Niken Sasmaya.

BACA SELANJUTNYA

Konten Kreator Berkembang Pesat, Sandiaga Uno Resmikan House of TikTokers