Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 09 November 2021 | 12:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berdasarkan catatan sejarah, guru-guru dari Indonesia diketahui pernah dikirim ke Malaysia untuk menjadi pengajar puluhan tahun lalu. Sebuah foto mengenai belasan guru Indonesia yang tiba di Malaysia pada pada awal 1970-an ini menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI membagikan foto dan dokumen berita lawas saat para guru dari Indonesia tiba di Malaysia. Melalui dokumen jadul, kita dapat mengetahui bahwa guru-guru tersebut tiba dalam beberapa gelombang.

"Sembilan belas guru Indonesia yang sudah teken kontrak mengajar di Malaysia telah tiba di Kuala Lumpur untuk memulai tugas selama tiga tahun," tulis salah satu keterangan dalam berita lawas di tahun 1970-an.

Para guru itu diketahui menandatangani kontrak sebagai pengajar pada beberapa sekolah menengah di Malaysia. Foto hitam putih memperlihatkan guru-guru dengan gaya cukup keren saat masuk ke Malaysia.

Beberapa di antaranya memakai jas, kacamata hitam, dan koper. Para guru ini akan mengajar mata pelajaran matematika, fisika, biologi, dan ilmu kimia pada sekolah-sekolah menengah di semenanjung Malaysia.

Foto jadul guru Indonesia yang tiba di Malaysia tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Netizen justru membahas betapa unggul SDM kita saat itu karena sistem pendidikannya dapat menjadi percontohan negara lain. Tak sedikit netizen yang berpendapat bahwa kualitas SDM Malaysia kini telah meningkat pesat.

Dokumen serta foto lawas itu bersumber pada arsip Harian Angkatan Bersenjata sebagai bagian Koleksi Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA).

Unggahan ini menarik perhatian setelah dibagikan lebih dari 100 kali oleh netizen. Foto dan berita lawas mengenai para guru Indonesia yang tiba di Malaysia tahun 1970-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Dan hasilnya, sekarang Malaysia lebih maju dari Indonesia," tulis K**g A**s.

Foto jadul guru Indonesia yang tiba di Malaysia tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Malaysia berhasil meningkatkan kualitas SDM-nya, bagaimana dengan Indonesia?" balas A**s Sa**udi**ur.

"Dan sebagian dari guru tersebut tinggal dan menetap selama nya di sana," pendapat R**n Ke**na.

"Tahun 80-an sama 90-an juga banyak anak Malaysia kuliah di IKIP Bandung (sekarang UPI)," kenang M Y**us.

"Sekarang mereka udah nggak impor guru lagi. Ganti jadi impor TKI," komentar Ri**l Ras**d

Itulah tadi foto jadul mengenai guru Indonesia yang tiba di Malaysia pada tahun 1970-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini