Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 11 November 2021 | 09:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul puluhan tahun lalu dapat menyimpan nilai sejarah yang sangat penting bagi generasi setelahnya. Sebuah potret lawas pejuang Indonesia dengan tentara asing tahun 1940-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Romo Harkit membagikan momen ketika tentara Indonesia dan perwakilan pasukan asing saling bersalaman.

Kita bisa melihat perbedaan yang sangat mencolok antara tentara Indonesia dengan tentara asing. Tentara Indonesia ini nampak masih sangat muda dengan tubuh lebih kecil dibandingkan tentara asing.

Dua tentara Indonesia nampak tersenyum ketika berjabat tangan dengan dua orang di depannya. Para pejuang memang tak banyak yang memiliki postur tubuh kekar, namun keberanian yang begitu besar telah membantu bangsa ini dalam mempertahankan kemerdekaan.

Pengguna Facebook tersebut sebenarnya membagikan ulang foto yang tersimpan di arsip online Nationaal Archief Belanda.

Foto jadul tentara Indonesia bersalaman dengan tentara asing. (Facebook Romo Harkit via Indonesia Tempoe Doeloe)

Dikutip dari laman Nationaal Archief Belanda, foto itu diambil sekitar tahun 1949. Keterangannya sedikit berbeda dengan caption yang diberikan pada postingan.

"Agustus 1949. Mereka tiba di Mandiradja pada tanggal 10 Agustus. Dari sana, mereka ditemani oleh pengamat militer dalam perjalanan ke stasiun. Di sebelah kiri, ada dua petugas TNI Divisi 3 yaitu Kapten. Soewito Harjoko dan Letnan Abukasan. Di sebelah kanan terdapat dua pengamat militer Mayor Andrew Smith (Australia) dan Letnan R.G Pierre (Amerika)," tulis Nationaal Archief dalam laman resminya.

Banyak netizen yang menyoroti momen unik pada foto jadul ini. Senyuman tentara Indonesia itu justru membuat netizen terharu dan berterima kasih atas perjuangan mereka dalam membela Tanah Air.

Foto jadul tentara Indonesia bersalaman dengan tentara asing. (Nationaal Archief)

Salah satu tentara asing membawa tanda KTN yang melingkar di tangannya. KTN atau Komisi Tiga Negara dibentuk oleh PBB pada tanggal 26 Agustus 1947.

Sebagai informasi, KTN didirikan untuk mengatasi konflik antara Indonesia dan Belanda. Anggotanya terdiri dari Australia (perwakilan Indonesia), Belgia (perwakilan Belanda), dan Amerika Serikat (netral, dipilih oleh Belgia dan Australia).

Foto jadul tentara Indonesia dan tentara asing saat bersalaman ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Masih remaja saja udah berani. Sampai lupa masih pakai celana pendek tapi semangat berjuang, mantap," kata Y**hi Tr**nto.

Foto jadul tentara Indonesia bersalaman dengan tentara asing. (Nationaal Archief)

"Terharu sama senyumnya. Senyum para pejuang kita begitu tulus meski pada posisi yang dirugikan saat itu," pendapat Si**t.

"Kalau lihat dari fotonya kok kayak sama-sama tersenyum tapi genggaman tangannya saling remet," balas Ad* Pring**i.

"Orang Indonesia memang sejak dulu murah senyum," komentar Lu**an**h**im.

Itulah tadi foto jadul tentara Indonesia dan perwakilan asing di tahun 1949 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Pria Unggah Foto Jadul 1970-an Milik Ayah, Ternyata Lokomotif Ini Terlibat Tragedi Memilukan