Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 18 November 2021 | 21:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul puluhan tahun lalu dapat menyimpan nilai sejarah bagi generasi setelahnya. Sebuah potret lawas tentara Jepang di tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan beberapa foto terkait aktivitas tentara Jepang di Indonesia.

"Jakarta, Oktober 1945: aktivitas tentara Jepang. Jakarta di sekitar bulan September dan Oktober 1945 berada di situasi yang tidak menentu. Jepang sudah kalah perang, tetapi bala tentaranya masih berada di mana-mana lengkap dengan persenjataannya," tulis @potolawas.

Foto pertama memperlihatkan dua tentara yang berada di pinggir jalan. Salah seorang di antaranya nampak memakai tanda mirip seperti tentara Jepang. Masih belum diketahui terkait identitas tentara satunya.

Kedua tentara itu nampak sedang berinteraksi satu sama lain. Kita juga dapat melihat sekelompok pasukan Jepang yang berada di truk dan tank. Terdapat pula momen ketika tentara Jepang sedang memeriksa mobil mewah di pinggir jalan.

Foto jadul tentara Jepang ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Netizen menyoroti seorang bocah cilik (bocil) yang terlihat memiliki rasa ingin tahu sangat tinggi. Bocil itu nampak mendekat dan mengamati tentara Jepang di depannya.

Netizen menilai bahwa sang bocah memiliki nyali tinggi karena berani mendekati tentara Jepang. Salah satu slide, tepatnya foto keempat memperlihatkan adanya Kempeitai.

Foto jadul tentara Jepang ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Dikutip dari Wikipedia, Kempeitai merupakan unit militer yang menjadi polisi rahasia sekaligus polisi militer yang ditempatkan di seluruh wilayah Jepang termasuk Indonesia yang merupakan wilayah jajahan.

Terdapat beberapa senjata berat, truk, dan tank yang disiagakan pada markas tentara Jepang. Pihak Sekutu memperkirakan bahwa pada akhir Perang Dunia II, setidaknya ada 7.500 anggota Kempeitai, termasuk personel yang menyamar. Foto jadul tentara Jepang di tahun 1940-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul tentara Jepang ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Yang punya mobil orang kaya banget itu," kata @mi**mau**na5.

"Bocil berani bener deket-deket tentara Jepang," pendapat @h**riek**nia.

"Dari foto pertama kita belajar bahwa Jepang dan Belanda butuh puluhan tahun untuk menjadi glowing," canda @a**al**.

"Dulu Jepang kejam banget, sekarang sih kimochi," komentar @an**ea.**oto**4phy.

Itulah tadi deretan foto jadul tentara Jepang di tahun 1940-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan