Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 24 November 2021 | 19:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word wajib diketahui kamu yang masuk perkuliahan atau sedang membuat makalah. Daftar isi merupakan salah satu bagian yang penting dalam penulisan makalah, karya ilmiah, hingga skripsi. Daftar isi menjadi petunjuk letak halaman dari sebuah dokumen dengan tujuan mempermudah mencari halaman isi yang ingin dituju.

Bagi sebagian orang, membuat daftar isi menjadi hal sulit dan sangat dihindari. Padahal, cara membuat daftar isi di Microsoft Word mudah diterapkan. Bahkan kamu tidak perlu pusing lagi dalam merapikan daftar isi. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat daftar isi, yakni secara manual dan otomatis.

Tapi lagi-lagi masih banyak orang yang kebingungan bagaimana membuat daftar isi baik di Microsoft Word ataupun di Google Docs. Tak jarang mahasiswa sekalipun berlama-lama berkutat menyelesaikan bagian merapikan daftar isi. Berikut cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word yang Hitekno.com rangkum untuk kamu.

Memanfaatkan Hyperlink pada Daftar Isi

Hyperlink berguna untuk memudahkan pembaca menuju materi yang ditunjuk dengan sekali klik saja melalui daftar isi. Dengan kata lain hyperlink pada daftar isi merupakan penghubung judul pada daftar isi dengan judul pada skripsi kamu. Berikut cara menggunakan Hyperlink.

  1. Masuk ke File > Options > Advanced terlebih dahulu, lalu hilangkan centang pada  Use CTRL + Click to follow hyperlink.  
  2. Selanjutnya arahkan kursor ke judul pada daftar isi yang ingin dipilih. Dan, klik judulnya.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

Selain bisa dilakukan secara otomatis yang memang sangat mudah, kamu juga bisa membuat daftar isi secara manual dengan mudah pula. Biasanya cara manual ini akan dipilih kebanyakan orang bila tugas yang kamu kerjakan tidak memiliki sub bagian, atau tidak begitu panjang. Begini langkah-langkahnya:

1. Mengatur Right Tab

Dalam membuat daftar isi secara manual, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, kamu harus terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View. Setelah Ruler ditampilkan, kamu baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

2. Memunculkan Titik-Titik Dengan Rapi

Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up. Pada menu pop-up tersebut, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.

3. Memasukkan Daftar Isi

Kemudian, kamu tinggal memasukkan isi dari daftar isi tugasmu. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Lalu, terakhir kamu tinggal memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

Begitulah cara membuat daftar isi di Microsoft Word yang mudah. Kamu bisa memilih menggunakan cara otomatis atau manual sesuai dengan kebutuhanmu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Ngeprint Dokumen Bolak-balik di Microsoft Word