Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 25 November 2021 | 11:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Memperingati Hari Guru 2021, Google punya cara sendiri dengan mengubah tampilan pada halaman utaman mesin pencarinya. Google Doodle menampilkan gambar lebah lucu.

Google Doodle tersebut memperlihatkan sekelompok lebah warna-warni dengan ukuran yang lebih kecil menghadap ke seekor lebar besar yang tengah memegang buku.

Ilustrasi tersebut menggambarkan lebah yang lebih besar sebagai guru, sementara yang lain adalah para siswa. Lebah-lebah itu terbang di atas bunga beraneka warna.

Terdapat doodle ulat berwarna hijau di atas salah satu bunga yang menggantikan huruf L dalam kata Google.

Peringatan Hari Guru sendiri merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan untuk para pahlawan tanpa tanda jasa di Indonesia.

Perjuangan guru sendiri dimulai sejak zaman Hindia Belanda.

Tak seperti pahlawan yang memegang senjata, para guru membentuk Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912 sebagai usaha untuk membebaskan rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan.

Google Doodle memperingati Hari Guru 2021. (Google)

Pada 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Perubahan nama ini mengejutkan Belanda karena penggunaan kata "Indonesia" dalam PGI dinilai mencerminkan semangat kebangsaan.

Sayangnya, ketika Jepang masuk ke Indonesia, segala bentuk organisasi dilarang, termasuk PGI, dan sekolah ditutup.

Setelah sempat terhenti akibat penjajahan Jepang dan Indonesia merdeka, PGI akhirnya menggelar kongres pertama pada 24-25 November 1946 di Surakarta, Jawa Tengah.

Salah satu hasil kongres adalah untuk menghapus organisasi atau kelompok guru yang masih berdasar pada perbedaan golongan, tamatan, lingkungan daerah, dan bahkan ras.

Hingga akhirnya 25 November disepakati sebagai tanggal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para guru, pemerintah pun menetapkannya sebagai Hari Guru Nasional dalam Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994.

Google doodle ini hanya muncul di halaman awal pencarian Indonesia.

Seperti yang diketahui, pengguna dapat mengklik ikon doodle tersebut dan akan mendapatkan artikel terkait dengan Hari Guru 2021.

Itulah bagaimana Google doodle memperingati Hari Guru 2021 dengan menampilkan gambar lebah lucu. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Pejuang Emansipasi Perempuan, RA Lasminingrat Jadi Google Doodle Hari Ini