Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 30 November 2021 | 14:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan bisnis online. Termasuk mempromosikan melalui berbagai saluran, mulai dari media sosial hingga platform chatting. Salah satunya ada Telegram Ad Platform.

Telegram Ad Platform dapat menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mendorong pertumbuhan penjualan dengan membuat dan mempromosikan produk atau channel (saluran) kamu di Telegram melalui iklan.  

Ad Platform Telegram merupakan sebuah medium untuk membuat pesan bersponsor di channel publik dengan lebih dari 1000 user atau pelanggan. Dengan alat ini, kamu dapat dengan mudah mengelola iklan dan anggaran Anda, memilih di mana iklan akan ditampilkan, hingga memantau performa iklannya.

Dikarenakan media ini baru saja diluncurkan di Indonesia, semua pemilik bisnis sekarang dapat meningkatkan kinerja penjualan mereka dengan meningkatkan lebih banyak jangkauan ke channel mereka melalui iklan.

Setelah diluncurkan di Indonesia, Komunitas TON Indonesia di Telegram adalah pengiklan pertama yang mempromosikan channel-nya ke ratusan komunitas online cryptocurrency Indonesia di Telegram. 

Telegram Ad Platform. (Telegram)

Penasaran bagaimana cara menggunakan Telegram Ad Platform untuk mempromosikan Bisnis Online kmau? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!  

1. Logging In (Masuk) 

Untuk mulai membuat iklan di Telegram, kamu harus masuk terlebih dahulu. Ini mengharuskan kamu memiliki akun Telegram yang sudah terdaftar. Setelah kamu memiliki akun, masukkan nomor telepon akun kamu di halaman login, dan setelah itu kamu langsung menerima pesan di Telegram (dari akun layanan terverifikasi kami) untuk mengonfirmasi login kamu ke platform.  

2. Memilih Akun 

Setelah kamu masuk ke Telegram, kamu dapat melanjutkan dengan Akun Pribadi kamu atau dengan membuat sebuah Organisasi. Organisasi dibangun di sekitar Grup dan Channel Telegram – menghubungkan grup atau channel kamu sebagai sebuah organisasi yang memberikan kesempatan untuk semua admin dalam chat tersebut untuk mengelola iklan yang dibuat oleh Organisasi.  

3. Membuat Iklan 

Klik 'Buat iklan baru' untuk memulai membuat iklan. Selanjutnya, kamu akan melihat template dengan beberapa bidang yang harus diisi – seperti memberi Judul, Teks, dan URL pada iklan Anda. Semua tautan yang disertakan dalam bidang Teks dan URL harus terhubung ke saluran atau bot di Telegram, menggunakan format t.me/link atau @link. Tautan ke situs eksternal tidak diperbolehkan.

Tautan yang dimasukkan di bidang URL akan ditambahkan ke tombol di bawah pesan sponsor Anda. Jika kamu juga menyertakan tautan dalam teks, tautan tersebut harus mengarah ke tujuan yang sama dengan tautan di bidang URL. 

4. CPM dan Anggaran Iklan 

Setelah teks pesan sponsor kamu selesai, kamu dapat menetapkan Cost-Per-Mille (CPM) untuk iklan, yang merupakan harga untuk seribu views dalam iklan Anda. CPM minimum untuk pesan bersponsor adalah 2 euro atau setara dengan Rp 32.634.  

Anggaran iklan kamu adalah jumlah dana yang kamu bersedia alokasikan untuk pesan sponsor tertentu. Pesan sponsor akan terus ditampilkan hingga mencapai jumlah ini.  

Untuk meningkatkan anggaran iklan, buka atau klik menu anggaran langsung dari beranda kamu.

Untuk mengurangi anggaran iklan, hentikan dan hapus iklan – dana yang tersisa akan dikembalikan ke anggaran kamu secara menyeluruh. 

5. Menambahkan Dana 

Jika kamu membuat iklan untuk pertama kalinya, kamu mungkin belum memiliki dana di akun Anda. Saat mencoba membuat iklan, kamu mungkin melihat pesan 'Saldo Anda terlalu rendah' di bawah menu Anggaran.

Klik 'Tambah Dana' untuk memasukkan saldo ke akun kamu – iklan akan disimpan sebagai draf sehingga kamu dapat dengan mudah mempublikasikannya nanti. Kamu juga dapat memublikasikan iklan tanpa anggaran – lalu dapat mengklik kembali jika kamu siap untuk meluncurkannya.  

Iklan Telegram atau pesan sponsor ditampilkan di saluran publik dengan lebih dari 1000 pelanggan. Untuk lebih menyesuaikan saluran mana yang dapat men-ghosting iklan Anda, pilih bahasa dan topik yang sesuai dengan pembaca kamu – misalnya saluran Indonesia yang terkait dengan Film dan Musik.

Kamu dapat menggabungkan beberapa bahasa dan topik, atau bahkan mengosongkan bidang sesuai preferensi Anda. Jika kamu ingin pesan sponsor untuk muncul dalam channel individu tertentu, kamu dapat memasukkannya melalui tautan unik.

BACA SELANJUTNYA

Cara Menghilangkan Status Online Telegram, Bisa di HP dan PC