Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 02 Desember 2021 | 17:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gedung Cyber yang terletak di Kuningan Barat, Jakarta Selatan diketahui mengalami kebakaran pada Kamis (2/12/2021) siang. Deretan aplikasi hingga game diketahui mengalami masalah sebagai akibat dari insiden Gedung Cyber kebakaran tersebut.

Pantauan dari tim HiTekno, kata kunci "Gedung Cyber" menempati jajaran trending topik Twitter di Indonesia. Kata kunci tersebut merangsek menduduki trending topik setelah dicuitkan lebih dari 4 ribu oleh netizen.

Dikutip dari Suara.com, satu orang dilaporkan meninggal dalam kebakaran Gedung Cyber 1 Kuningan, Kamis (2/12/2012) siang. Korban diketahui bernama Seto (18).

"Satu meninggal karena ketika dievakuasi keadaannya cukup memprihatinkan," kata Herbert saat dikonfirmasi, Kamis (2/12/2021).

Petugas pemadam kebakaran telah melakukan proses penguraian asap dan pendinginan. Setidaknya 40 unit mobil pemadam kebakaran dan 100 personel diterjunkan dalam peristiwa tersebut.

Aplikasi dan layanan web mengalami masalah sebagai akibat dari insiden Gedung Cyber kebakaran. (Twitter)

Bersamaan dengan kabar terbakarnya Gedung Cyber, deretan akun resmi perusahaan turut menyampaikan permasalahan pada aplikasi melalui media sosial. Berbagai layanan web, aplikasi, hingga game turut terdampak atas peristiwa tersebut.

"Mohon perhatian, data center mengalami insiden kebakaran, sementara akan terjadi gangguan dalam bertransaksi," tulis akun resmi Ajaib (ajaib_investasi). Mengalami permasalahan yang sama, akun Niagahoster dan Rumahweb Indonesia mengumumkan bahwa layanan mereka terkena gangguan sebagai akibat dari insiden Gedung Cyber terbakar.

Berdasarkan cuitan dari topik "Gedung Cyber" yang trending, banyak netizen mengaku bahwa mereka tidak bisa log-in ke beberapa sekuritas. Tak hanya layanan web dan aplikasi sekuritas, terdapat game yang mengalami gangguan karena data center terbakar.

Aplikasi dan layanan web mengalami masalah sebagai akibat dari insiden Gedung Cyber kebakaran. (Twitter)

Akun resmi game Ragnarok Online mengumumkan bahwa layanan mereka turut mengalami masalah.

"Halo RO Mania. Kami beritahukan bahwa saat ini Saat ini Website, Sistem Pembayaran, dan game ROFL sedang melakukan Emergency Maintenance untuk pemeriksaan jaringan server dari Pukul 12:45 WIB sampai pemberitahuan selanjutnya. Selama Emergency Maintenance kali ini, RO Mania tidak dapat login ke dalam game dan mengakses website serta sistem pembayaran. Kami akan memberitahukan jika maintenance telah selesai kepada RO Mania melalui Fanpage," tulis akun media sosial Ragnarok Online.

Berikut deretan aplikasi dan layanan sebagai akibat dari insiden Gedung Cyber kebakaran:

  • Niagahoster (web hosting)
  • BeKind Token (layanan yang terkena masalah: bekind.id dan bekindtoken.io)
  • Ajaib (platform investasi)
  • Rumahweb Indonesia (web hosting)
  • Ragnarok Online (game)
  • Call Center 112 Surabaya (call center)
  • Indo Premier Sekuritas/ IPOT (investasi)
  • Layanan MTix dan TixID (pemesanan tiket bioskop)

Saat artikel ini dibuat, banyak netizen mengeluhkan berbagai macam aplikasi dan layanan web yang mengalami down sebagai akibat dari insiden Gedung Cyber kebakaran.

BACA SELANJUTNYA

Ramaikan Tahun Baru Imlek, Hadir Penawaran Ekslusif PC Game Pass dari Xbox