Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebagian besar masyarakat modern pasti memiliki setidaknya satu TV di rumah mereka. Foto jadul di tahun 1970-an ini menyuratkan bahwa TV pernah menjadi barang langka pada puluhan tahun lalu.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan foto hitam putih terkait puluhan warga yang berkumpul di satu tempat. Rupanya para warga itu cukup antusias saat menghadiri acara nonton TV bareng.

"Ekspresi wajah masyarakat desa ketika sedang menonton acara televisi beramai-ramai," tulis akun Perpustakaan Nasional dalam keterangannya.

Foto itu merupakan salah satu bagian pemberitaan dari surat kabar yang terbit pada 3 April 1970. Dokumen bersumber pada Koleksi Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA).

Foto lawas itu menampakkan para warga yang sangat antusias menyambut TV masuk desa. Kita bisa melihat para bocah di bagian depan yang cukup serius saat menatap TV.

Foto jadul warga yang menonton TV bersama-sama ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Tak hanya bocah, terdapat remaja hingga emak-emak yang ikut berdesak-desakan untuk menonton TV. Tentu pemandangan tersebut cukup langka di era modern.

Masyarakat saat ini bisa leluasa menonton TV di rumahnya masing-masing tanpa perlu berdesak-desakan. Meski begitu, TV dan radio termasuk barang yang cukup mewah di era 1960 hingga 1970-an.

Dilihat dari beberapa foto jadul yang pernah beredar, sebagian besar orang nampak bangga ketika dapat berpose di samping TV tabung. Radio, TV, motor, hingga mobil seperti menjadi pertanda bahwa sang pemilik merupakan orang-orang kaya di era lawas.

Foto jadul warga yang menonton TV bersama-sama ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Berbagai reaksi wajah pirsawan ketika menonton televisi. Berhasilkah media elektronik ini memberi pesan-pesan pemerintah kepada masyarakat desa?" bunyi keterangan pada surat kabar jadul tahun 1970-an.

Netizen menyoroti bahwa momen kebersamaan warga ini dianggap mirip masyarakat Korea Utara. Sebagian netizen lain berpendapat bahwa TV termasuk barang yang cukup langka ketika orangtua mereka masih kecil. Postingan mengenai warga yang menonton TV bersama-sama ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Orde Baru berasa di Korut kali ya, ngalamin waktu kecil," kata D**a Ha*bi**syah.

Foto dua gadis berpose di dekat TV tahun 1973. (instagram/perfectlifeid)

"Zaman di mana ibuku masih kecil dan almarhum bapak masih remaja," komentar V*m T**nik.

"Masa lalu yang sudah jauh ketika TV masih langka. Sekarang tv sudah pindah ke HP masing-masing, tak ada lagi nonton bersama," pendapat Am* K**a.

"Wah kalau belum mandi nggak boleh nonton tuh," tulis Ko**ng F**ar. Itulah tadi foto jadul warga desa saat menonton TV bareng di tahun 1970-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini