Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 09 Desember 2021 | 17:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Twitter Indonesia telah meluncurkan laporan terkini soal keramaian netizen Tanah Air di linimasa sepanjang 2021 ini. Yakni melalui #HanyaDiTwitter beragam momen dan komunitas menghubungkan masyarakat Indonesia di Twitter.

Tahun 2021 berlalu sangat cepat dan diwarnai dengan berbagai peristiwa yang membuat orang-orang datang ke Twitter untuk berbagi informasi terkini dan tetap saling terhubung satu sama lain.

Beragam percakapan yang meramaikan linimasa Twitter meliputi perayaan kemenangan dari jajaran atlet kebanggaan Indonesia dalam ajang olahraga terbesar di dunia, berbagi referensi bermanfaat untuk perkembangan diri, hingga dukungan dan doa bagi yang terkena musibah. Semua ini terjadi #HanyaDiTwitter.

Khususnya di Indonesia, selain untuk merayakan berbagai momen penting; Twitter juga digunakan untuk saling berbagi kenangan, saling membantu sesama yang membutuhkan, dan menjadi tempat untuk berdiskusi atau belajar hal baru.

Berdasarkan analisa percakapan di Twitter di Indonesia antara 1 Januari - 15 November 2021, berikut ini adalah berbagai momen dan percakapan #HanyaDiTwitter yang membuat warganet saling terhubung selama tahun ini.

Tweet yang menyatukan masyarakat Indonesia di Twitter

Di paruh kedua tahun 2021, menurut Twitter Indonesia, perhatian masyarakat dunia tertuju pada perhelatan olahraga internasional #Tokyo2020 dan #Paralympics. 

Masyarakat Indonesia datang ke Twitter untuk menunjukkan rasa nasionalisme dan memberikan dukungan terhadap jajaran atlet dari negara masing-masing.

Percakapan tentang Olimpiade semakin bergaung di Indonesia saat Greysia Polii (@GreysPolii) dan Apriyani Rahayu berhasil mencetak sejarah menjadi tim ganda putri Indonesia pertama yang meraih medali emas. Tweet ini pun menjadi Tweet dengan engagement tertinggi di Indonesia.

Sifat saling membantu adalah salah satu keunikan masyarakat Indonesia dan ini terlihat dari percakapan di Twitter yang menghangatkan linimasa. #HanyaDiTwitter bantuan bisa bergulir begitu cepat, hingga akhirnya bisa langsung diterima oleh mereka yang membutuhkan, seperti yang dialami oleh Aurelia Nathania (@010201_n) yang akhirnya dapat bertemu adiknya setelah mencarinya selama lima tahun.

Selain itu, orang-orang juga saling berbagi informasi di Twitter, seperti yang dilakukan oleh Faiz Ghifari (@mfaizghifari), yang membagikan referensi cara yang lebih efektif dalam beraktivitas. Beberapa Tweet populer lainnya yang juga menjadi pembicaraan masyarakat Indonesia di Twitter dapat dilihat di Twitter Moments ini.

Keragaman topik yang menyatukan masyarakat di Twitter: dari hiburan, gaming, hingga aset digital

Hashtag Twitter yang paling banyak digunakan di Indonesia pada 2021. (Twitter Indonesia)

Tahun ini, Twitter tetap menjadi tempat bagi masyarakat untuk saling membicarakan berbagai minat dan topik pembicaraan yang juga menghubungkan mereka dengan berbagai komunitas.

Topik-topik yang ramai dibicarakan di Twitter tahun ini termasuk hiburan dengan tagar #attackontitan dan cabang olahraga populer seperti #badminton.

Masyarakat Indonesia juga ramai membicarakan berbagai hal terkait teknologi dan keuangan, termasuk tentang aset digital dan investasi melalui tagar #crypto dan #nft. Hal ini menunjukan, bahwa masyarakat Indonesia mulai tertarik terhadap hal-hal seputar keuangan dan bisnis. 

Jajaran akun terpopuler di Twitter

Akun Twitter yang paling banyak dibicarakan di Indonesia pada 2021. (Twitter Indonesia)

Mulai dari tenaga kesehatan, akun yang menghibur, hingga yang berbagi pengetahuan umum; masyarakat datang ke Twitter untuk berinteraksi dan mengikuti percakapan dari akun-akun tersebut.

Bukti nyata keberagaman percakapan di Twitter adalah dengan munculnya akun-akun baru seperti Rizal Do (@afrkml), Angga Fauzan (@angga_fzn), dan Badminton Talk (@BadmintonTalk) yang masuk ke dalam jajaran 10 akun yang banyak dibicarakan di Indonesia tahun ini. 

Emoji untuk ekspresi diri

Emoji yang paling banyak digunakan di Indonesia pada 2021. (Twitter Indonesia)

Teks kerap kali tidak bisa mengungkapkan ekspresi yang kita rasakan ketika membuat tulisan di Twitter. Agar konteks suatu Tweet bisa lebih dipahami, penggunaan emoji pun marak dilakukan. 

Emoji menangis, piala, bumi, dan salad merupakan beberapa emoji yang banyak digunakan warganet Twitter di Indonesia. Emoji piala, medali, dan bulutangkis pun tidak luput mewarnai Tweet seputar dukungan untuk para atlet Indonesia yang berlaga di #Tokyo2020 dan #Paralympics.

"Di tahun 2021, masyarakat terus menggunakan Twitter untuk melihat apa yang sedang terjadi dan terhubung  dengan komunitas dan percakapan yang berarti bagi mereka. Dari mencari informasi seputar hobi baru, memberi dukungan kepada para atlet, membantu sesama yang mengalami kesulitan, hingga merayakan peluncuran lagu atau film terbaru artis kesayangan; masyarakat Indonesia saling terhubung #HanyaDiTwitter. Kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah menjadikan Twitter sebagai tempat untuk saling berbagi informasi dan inspirasi bagi sesama tahun ini." ungkap Dwi Adriansah - Country Industry Head, Twitter Indonesia.

Share percakapan-mu dengan tagar #HanyaDiTwitter dan mention @TwitterID, yang akan mengumumkan momen dan percakapan apa saja yang banyak dibicarakan di Twitter selama tahun 2021. 

BACA SELANJUTNYA

Mario Dandy Tertawa Lebar Setelah Sidang, Netizen: Sumpah Pengen Tampol