Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 14 Desember 2021 | 13:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mobil jadul biasanya meninggalkan memori tersendiri bagi netizen generasi lawas. Sebuah iklan jadul yang menampakkan daftar harga mobil VW (Volkswagen) di tahun 1970-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan sebuah iklan jadul terkait mobil VW Safari. Rupanya harga VW di tahun 1977 dibanderol mulai dari Rp 3 jutaan.

"Mobil VW Safari keluaran Volkswagen. Tahun 1977 harganya kisaran Rp. 2.950.000," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional RI.

Iklan jadul ini bersumber dari sebuah surat kabar tahun 1977 sebagai bagian Koleksi Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).

Netizen auto menyoroti daftar harga yang tercantum di iklan lawas tersebut. Terdapat beberapa model mobil VW yang turut dicantumkan pada bagian bawah. Kita bisa melihat banderol harga dari mobil VW Passat, Kombi, Microbus, Delivery Van, dan Mitra Chassis dam Cowl.

Iklan jadul mobil VW di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Model tertinggi yaitu VW Passat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 4,8 juta. Ilustrasi kendaraan yang dipromosikan pada iklan tersebut merupakan mobil VW Safari.

Kendaraan ini sering disebut sebagai VW Camat oleh masyarakat tempo dulu. Disebut demikian karena mobil VW itu pernah dipakai oleh para camat sebagai kendaraan dinas di akhir 1970-an.

Tak sedikit netizen yang menyoroti harga mobil VW di tahun 1977 tersebut. Jika dilihat dari zaman sekarang, banderol mobil ini memang setara dengan harga smartphone di kelas mid-range.

Meski begitu, harga mobil puluhan tahun lalu termasuk mahal bagi sebagian orang. Beberapa foto jadul memperlihatkan orang yang begitu bangga ketika foto bersama mobil di era 1960-an hingga 1980-an.

Iklan jadul mobil VW di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Jumlah mobil di era lawas tak sebanyak sekarang di mana hanya orang tertentu saja yang dapat memilikinya. Sebelumnya, kita juga pernah melihat unggahan viral terkait harga motor di tahun 1960-an hingga 1970-an.

Saat itu terdapat motor Vespa Sprint (1968) yang dibanderol Rp 260 ribu, Honda 90 cc (1968) Rp 115 ribu, Yamaha 180 cc (1968) Rp 175 ribu, hingga Honda C70 (1976) Rp 237.500. Foto iklan jadul mobil VW Safari di tahun 1977 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Mobil Pak Camat dan Pak Wedono," kenang K**oro W**yu.

"Mirip harga HP zaman sekarang..wkwk," balas O** Om**ng.

"Sekarang kalau kinclong mahal banget, bisa ditukar Avanza bekas tuh lumayan muda," pendapat D**ma**n.

"Kayaknya desainer zaman itu hanya memiliki penggaris untuk mendesain sebuah mobil, akan tetapi tetap keren," komentar Eh* Fak**k. Itulah tadi iklan mobil jadul di tahun 1977 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli