Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 20 Desember 2021 | 12:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar penampakan sebuah pemberitaan harga mobil Toyota Kijang 1977 yang ramai mendapatkan sorotan netizen. Saking ramainya sampai viral di media sosial.

Nampak dalam pemberitaan Toyota Kijang 1977 ini menampilkan banderol harga serta foto dari kendaraan roda empat tersebut.

Penampakan ini dipostingan oleh akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI membagikan potongan berita lawas di tahun 1977.

Judul pemberitaan tersebut adalah "Astra Pasarkan Mobil Baru Toyota Kijang".

Netizen dibuat salfok dengan banderol harga yang disematkan pada bagian atas. Toyota Kijang generasi pertama dengan bentuk kotak tersebut dibanderol sebesar Rp 1,3 juta.

Akun Perpustakaan Nasional RI menjelaskan bahwa itu adalah dokumen permberitaan yang bersumber pada artikel lawas di tanggal 10 Juni 1977.

"Berita berkenaan dengan dipasarkannya mobil jenis baru yaitu 'Toyota Kijang' oleh PT Toyota Astra Motor di Indonesia. Mobil yang dibuat dengan sebagian besar komponennya dari dalam negeri ini dibanderol dengan harga Rp. 1,3 juta. Mesin yang digunakan ialah mesin 3 k-h 1166 cc, mesin yang juga digunakan untuk Toyota Corola," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional.

Harga mobil Kijang di tahun 1970-an ini bikin netizen salfok. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Unggahan milik Perpustakaan Nasional RI tersebut turut dibagikan ulang oleh netizen di forum Indonesia Tempoe Doeloe sehingga semakin viral di Facebook.

Toyota Kijang merupakan salah satu model kendaraan yang sangat laris di Indonesia. Terdapat setidaknya enam generasi Toyota Kijang yang sudah mengaspal di Tanah Air. Dikutip dari Wikipedia, mobil Toyota Kijang generasi pertama diproduksi sejak tahun 1977 hingga 1981.

Toyota Kijang meluncur pada Pekan Raya Jakarta 1977 dengan disaksikan oleh Presiden RI, Soeharto, dan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Melihat harga Toyota Kijang Rp 1,3 juta dalam pemberitaan tersebut, netizen yang berimajinasi serta bercanda bahwa itu cukup terjangkau bagi pekerja bergaji UMR saat ini.

Sebelumnya, kita juga pernah melihat unggahan viral di media sosial terkait harga motor di tahun 1960-an hingga 1970-an.

Harga mobil Kijang di tahun 1970-an ini bikin netizen salfok. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

 

Postingan viral di media sosial mengenai harga mobil Toyota Kijang di tahun 1977 memancing beragam komentar netizen.

"Alhamdulillah meski gaji sebulan hanya UMR, tapi bisa beli mobil," canda Fird**s K**ni**an.

"Sering disebut mobil kotak sabun," komentar Di**mika R**aw*li.

"Hmm, saat sepeda motor seharga dua ratus ribuan," balas H**mi As**d.

"Jadi ini simbah buyutnya Innova Reborn," kata D**er.

Itulah tadi postingan viral di media sosial mengenai harga mobil Toyota Kijang di tahun 1977 yang bikin netizen salfok, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Dimensity Auto Gunakan GPU NVIDIA untuk Platform Mobil Cerdas