Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 20 Desember 2021 | 14:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Viral di media sosial, curhatan pasien soal kondisi kamar mandi di tempat rawat inap. Keluhan ini nampak dalam video yang banyak menjadi sorotan netizen.

Dalam video viral tersebut, menampilkan bagaimana kondisi kamar mandi tempatnya dirawat di Puskesmas.

"Penyakit napas kok ditaruh seperti ini, kamar mandi tak terawat dan ini ambil umum [berbayar]," ujar pria dalam video viral di media sosial tersebut.

Dikutip dari Suara.com, Puskesmas pada postingan tersebut berada di Puskesmas Doplang, Blora, Jawa Tengah

Pada video yang diunggah di akun Instagram Andreli_48, terlihat kamar mandi dengan keramik yang kotor. Berbagai sisi sudah dilumuri lumut terlihat tak terawat.

Terlihat dalam video viral di media sosial ini, selain lantai kloset sudah coklat dan berlumut

"Beredar video salah satu warga dengan kondisi toilet di puskesmas yang kurang terawat," tulis akun @andreli_48.

WC puskesmas kotor (instagram.com/andreli_48/)

Unggahan yang viral di media sosial tersebut nyatanya mendapatkan tanggapan dari pihak Puskesmas.

Klarifikasi Pihak Puskesmas

"Kami ucapkan terimakasih atas masukan yang ditulis, tapi perlu kami klarifikasi bahwa penanganan di Puskesmas Doplang tetap sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dan tidak membedakan rakyat kecil," tulis pihak Puskesmas seperti yang dikutip dari akun @andreli_48.

Pihak Puskesmas juga memberkan kronologi yang menyatakan bahwa pasien sesak napas tersebut memang benar adanya. Namun malah dianggap menyalahkan pasien. 

"Pasien masuk UGD dengan sesak napas, setelah diinfus dipindah di Ruang Arjuna, setelah 2 hari dengan bertambahnya pasien, maka pasien ini dengan TB Paru (Mangkir Pengobatan 7 bulan) termasuk penyakit menular sehingga diputuskan dipindah ke Ruang Isolasi dan suaminya sudah setuju," tambah pihak puskesma. 

"Tapi setelah melihat kamar mandi yang kotor suaminya komplain dan di pindah ke Ruang Yudistira. Setelah di pindah, malah minta APS atau Pulang Paksa dengan alasan anak dirumah rewel bukan karena kotornya ruang isolasi," imbuh mereka. 

Pihak Puskeskesmas juga mengakui bawha ruang isolasi mereka memanglah kotor. 

"Memang kami akui Ruang Isolasi agak kotor karena jarang dipakai beberapa bulan yang lalu, tapi sekarang sudah dibersihkan," tulis pihak Puskesmas mengakui. 

"Alasan Pemindahan adalah supaya pasien tersebut tidak menulari pasien lainnya. Terkait biaya sudah sesuai Perda Tarif Kab. Blora. Demikian penjelasan kami, Matur Nuwun," imbuhnya. 

WC puskesmas kotor (instagram.com/andreli_48/)

Respons Netizen

Meskipun sudah memberikan klarifikasi, publik masih menyayangkan fasilitas kamar mandi Puskesmas tersebut. Dalam hal ini, banyak netizen yang merespons unggahan video viral di media sosial oleh @andreli_48.

"Masa dibersihin setelah viral?," tulis netizen di kolom komentar.

"Di bersihin setelah viral? Kemarin kemarin tetep kotor dong, pokoknya kalau ada apa-apa lapor ke netizen yah biar viral baru ditanggapin," imbuh netizen lain.

"Kayak ngeles aja, apapun alasannya ya harusnya tempat itu bersih," imbuh netizen.

"Ih jijik banget," timpal lainnya.

Itulah video viral di media sosial, curhatan pasien mendapatkan kamar mandi kotor saat rawat inap di Puskesmas. (Suara.com/ Fita Nofiana).

BACA SELANJUTNYA

Lihat Goyangan Tubuh Lesti Kejora saat Main Voli, Netizen Malah Ketar-ketir